Home / Berita / Hukrim
05 April 2018

Dua Kios Yang Terbakar di Depan SPBU Akibat Rokok

TERNATE, OT- Kebakaran yang terjadi Kamis (5/4/2018) sekitar pukul 17.20 WIT, mengakibatkan dua kios milik Sahrudin yang terletak di RT 01 RW 01 Kelurahan Kalumata tepatnya di depan SPBU Kalumata, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Kota Ternate Provinsi  Maluku Utara (Malut), disinyalir terjadi karena rokok.

Informasi yang dihimpun wartawan di lapangan, memyebutkan, terbakarnya dua kios yang menjual Sembako dan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium itu diduga berasal dari rokok seorang pelanggan. 

"Berdasarkan keterangan yang dihimpun, ada seorang pelanggan yang datang beli rokok lalu membakar sebatang rokok tanpa memperhatikan minyak yang berada di sekitarnya," ujar Babinsa Kelurahan Kalumata Serda Salman Abdul Karim kepada wartawan.

Kata dia, disaat yang bersangkuta membakar rokok langsung menyambar minyak yang berada di dekatnya, sehingga api langsung membesar karena kios tersebut selain menjual kebutuhan pokok juga terdapat BBM yang cukup banyak. 

Babinsa mengimbau pada warga, agar berhati-hati jika kios menjual BBM. "Saya akan berkoordinasi dengan lurah dan Polsek, sehingga masalah seperti ini jangan lagi terjadi kedepan," ujarnya.

Sementara pemilik kios, Sahrudin kepada wartawan mengatakan, dirinya tidak terlalu tahu penyebab kebakaran karena tiba-tiba api dengan cepat membesar. "Istri saya yang berteriak kalau ada api, jadi kita langsung lari keluar," jelasnya. 

Lanjut dia, dirinya melihat api sudah membesar dalam warung sehingga tidak sempat menyelamatkan barang-barang. Bahkan uang dan barang penting lainnya juga tidak bisa diselamatkan karena api semakin besar. "Kita keluar dengan pakaian di badan, tidak ada barang-barang yang diselamatkan," tutur dia.  

Dia menambahkan, kerugian ditaksir sekitar Rp 60 juta karena semua barang-barang hangus. Selain isi warung, satu unit motor juga hangus, tutur dia.(red)


Reporter: Wartawan Magang