Home / Berita / Pendidikan

Ini Syarat Bagi Sekolah SMP di Ternate Yang Akan Melaksanakan Belajar Tatap Muka

22 Februari 2021
Mahmud J.Abdurahman

TERNATE, OT - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate, meminta pihak sekolah tingkat menengah (SMP) se-Kota Ternate untuk segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di internal sekolah masing-masing.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Ternate, Mahmud J. Abdurahman, mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat dengan pihak sekolah SMP di Kota Ternate.

Rapat tersebut, untuk meminta Kepala Sekolah (Kepsek) SMP untuk menyiapkan skema belajar mengajar di sekolah.

Menurutnya, ada dua skema yang ditawarkan dalam pertemuan tersebut, "dua pilihan terkait penerapan  model pembelajaran, yakni model simulasi tatap muka (luring) atau daring (online).

"Kalaupun sekolah tersebut laksanakan pembelajaran tatap muka, maka saya meminta komitmen bersama menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di internal sekolah,"ungkap Mahmud kepada indotimur.com Senin (22/2/2021).

Menurutnya, pembentukan Satgas Covid-19 di internal sekolah harus disertai Surat Keputusan dan melibatkan Kepsek, guru, dan security.

"Karena SK tersebut sebagai syarat landasan payung hukum, untuk dimasukan ke Disdik Kota Ternate," katanya.

Berita Terkait : Tiga Kecamatan di Ternate Kembali Berlakukan Belajar Daring

Baca Juga : Pelajar di Ternate Terkonfirmasi Positif Covid-19, Satgas Akan Hentikan Belajar Tatap Muka

Dia memastikan, tidak akan mengeluarkan rekomendasi belajar mengajar tatap muka, jika pihak sekolah tidak membuat SK. "Jika tidak ada SK, kami akan mengambil kebijakan tutup sekolah bersangkutan," tegasnya

Dia menuturkan, Disdik Kota Ternate memberi kelonggaran kepada sekolah SMP untuk laksanakan pembelajaran tatap muka, tapi ada persyaratanya harus tertib dan disiplin terapkan Prokes.

"Apa bila tidak tertib kami langsung tutup sekolah, selain itu, bagi sekolah yang tidak nyaman laksanakan belajar karena covid-19 maka segera menyurat di Disdik sehingga kami ambil langkah-lamgkah strategis," tutupnya. (ded)


Reporter: Dedi Sero Sero
Editor: Ibenk