Home / Indomalut / Ternate
31 Desember 2018

Isak Tangis Dan Sujud Syukur Warnai Peresmian Kelurahan Tongole

Masyarakat Sujud Syukur Saat Walikota Resmikan Kelurahan Tanggole

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate dua periode, H Burhan Abdurahman, Sabtu (29/12/2018) akhir pekan lalu meresmikan lingkungan Tongole di Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate sebagai Kelurahan ke-78 di wilayah administrasi Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Isak tangis dan sujud syukur warga lingkungan Tongole yang saat ini resmi menjadi Kelurahan baru di Kota Ternate, mewarnai peresmian Kelurahan Tongole oleh Wali Kota H Burhan Abdurahman saat pengguntingan pita di kantor Lurah Tongole.

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman saat menyampaikan sambutannya menyatakan, bertepatan dengan Hari Jadi Ternate ke-768, sebuah kado manis dipersembahkan oleh pemerintah dengan diresmkannya lingkungan Tongole sebagai Kelurahan termuda di Indonesia dan Kelurahan ke-78 di wilayan administrasi Kota Ternate.

Wali Kota yang akrab disapa Haji Bur itu menuturkan, dalam proses pembentukan Kelurahan Tongole, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melakukan berbagai langkah guna merespon tuntutan warga di lingkungan Tongole, salah satunya dengan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang pemekaran lingkungan Tongole menjadi Kelurahan Tongole.

"Pembentukan Kelurahan dengan tujuan agar dapat memperpendek rentang kendali serta dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih maksimal," kata Haji Bur.

Kepada masyarakat Kelurahan Tongole, Haji Bur berpesan, agar terus bekerja keras dan tetap bersemangat, karena sekarang Tongole sudah menjadi Kelurahan, "kedepan akan perbanyak program-program yang banyak mendapat dukungan penuh dari masyarakat untuk bisa memperkuat program-program pemerintah. Walaupun masih baru, Kelurahan Tongole tetap mendapat Dana Kelurahan di tahun depan," kata Haji Bur.

Menurutnya, perjuangan untuk merubah status dari lingkungan menjadi Kelurahan Tongole, membutuhkan perjuangan bersama dari seluruh masyarakat Kelurahan Tongole, oleh sebab itu, perjuangan ini harus dijaga sehingga kedepan, Kelurahan Tongole lebih maju dari Kelurahan lain dan itu menjadi tanggungjawab bersama.

"Kelurahan Tongole punya potensi jika dikembangkan, sehingga tidak kalah dengan Kelurahan lainnya, sehingga dengan hadirnya status Kelurahan diharapkan dapat memberikan spirit semangat dan status untuk lebih membangun gotong royong kebersamaan melalui semua pihak mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh komponen masyarakat di Tongole," pungkasnya. (red)


Reporter: Randy Basri