07 Mei 2018

Kota Ternate Juara Umum Popda IX Malut

TERNATE, OT - Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) ke-IX Provinsi Maluku Utara, Minggu (6/5/2018) malam, secara resmi berakhir. Kontingen Kota Ternate memastikan diri keluar sebagai juara umum Popda ke-IX tahun 2018, dengan raihan 27 medali emas, 17 perak dan 15 perunggu.

Sebelum upacara penutupan, laga final cabang olahraga (cabor) sepakbola mempertandingkan kesebelasan Kota Ternate berhadapan dengan tim dari Kabupaten Halmahera Barat.
Laga berakhir dengan kemenangan tuan rumah Kota Ternate skor 3-1, sekaligus memastikan tambahan raihan medali emas untuk kontingen Kota Ternate.

Ketua Panitia Polda ke-IX, Kalbi Rasyid dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Popda ke-IX tahun 2018, yang berlangsung sejak tanggal 30 April hingga 7 Mei 2018, diikuti oleh 954 atlit 375 official dari 10 Kabupaten dan Kota di Malut yang mempertandingkan 8 cabor diantaranya, atletik, sepakbola, pencak silat, tinju, bulutangkis, tenis, tenis meja dan bola voli.

Kata dia, kegiatan olahraga pelajar antar Kabupaten dan Kota itu, menghabiskan dana sebesar Rp, 2 miliar melalui dana APBD tahun 2018. "Kegiatan ini dipusatkan di lapangan Gelora Kieraha Ternate untuk cabang sepakbola dan atletik sedangkan cabor lainnya seperti bola voli dipusatkan di lapangan Hale Sigi Kalumpang dan Bank Indonesia serta tinju di kawasan Stadion Ternate," kata Kalbi

Pada perhelatan ke-9 Popda Malut, tuan rumah Kota Ternate keluar sebagai juara umum dengan raihan 27 medali emas, 17 perak dan 15 perunggu, disusul Kota Tidore Kepulauan dengan 19 emas, 13 perak dan 12 perunggu.

Di tempat ketiga, Kabupaten Halmahera Utara dengan raihan 14 medali emas, 10 perak dan 14 perunggu disusul Kabupaten Halmahera Barat 13 medali emas, 13 medali perak dan 19 medali perunggu sedangkan juru kunci ditempati Kabupaten Pulau Taliabu dengan 1 medali perak dan 4 medali perunggu.

"Sesuai hasil rapat seluruh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten dan Kota di Maluku Utara, maka ditetapkan Kabupaten Halmahera Tengah sebagai tuan rumah pada Popda ke-X tahun 2020 mendatang," kata Kalbi menutup laporannya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, M Tauhid Soleman saat menutup Popda ke-IX di Kota Ternate itu menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas terselenggaranya agenda olahraga 2 tahunan.

"Ajang ini diharapkan menjadi sarana evaluasi olahraga, memacu partisipasi insan olahraga, sarana pembinaan dan pengembangan olahraga di Maluku Utara," kata Sekda.

Selain itu, kata Sekda, ajang ini dijadikan sebagai ajang silaturrahmi insan olahraga dan persiapan tim Popwil Malut 2018 di Sulteng.

"Pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan bagian integral dalam membentuk watak, disiplin dan prestasi guna mengharumkan nama baik, daerah di ajang nasional maupun internasional," tutup Sekda Ternate, M Tauhid Soleman.(thy)


Reporter: Ibenk