09 Oktober 2018

Satgas TMMD dan Puseksmas Bulu Lakukan Pendataan Keluarga Sehat

REMBANG, OT- Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) merupakan kelanjutan dari program ABRI Masuk Desa yang dimulai sejak tahun 1980 dan dilaksanakan secara terpadu  lintas sektoral antara TNI, Kementerian/Lembaga, non Kementerian dan masyarakat.

Tujuan kegiatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tertinggal, terpencil, perbatasan, dan kepulauan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Dalam kegiatan TMMD, Kementerian Kesehatan secara aktif sudh terlibat sejak tahun 1980, dengan dasar tersebut maka pada Program TMMD Reguler ke-103 tahun 2018 di wilayah Kabupaten Rembang yang dilaksanakan di Dukuh Ngotoko Desa Pasedan, Kecamatan Bulu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dan Puskesmas Bulu, untuk ikut berpartisipasi pada pelaksanaan TMMD kali ini.

Saat ini petugas Puskesmas Bulu bersama Satgas TMMD sudah persiapan melaksanakan pendataan keluarga sehat di Desa Pasedan.

Selasa (9/10/2017) Satgas TMMD Kodim Rembang, Koptu Cahyono berkoordinasi dengan petugas kesehatan  Puskesmas Bulu membicarakan tentang persiapan upacara pembukaan TMMD, agar Puskesmas Bulu ikut memberikan dukungan pada  kegiatan tersebut guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Disamping itu Puskesmas Bulu, diharapkan dapat mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD hingga akhir.

“Dengan diadakannya pendataan keluarga sehat ini, diharapkan bisa dideteksi sedini mungkin bagi keluarga yang dikategorikan kurang sehat dan dapat diketahui berapa persen keluarga yang dianggap sudah mampu dalam kesehatan," kata Agus Ketua team kesehatan. (0720).(red)


Reporter: PEN-TMMD Rembang