Home / Berita / Nasional
03 Agustus 2018

Speedboat Tobelo-Morotai Tenggelam

Korban saat dievakuasi tim SAR

TERNATE, OT - Kecelakaan laut di Provinsi Maluku Utara (Malut) kembali terjadi. Kali ini menimpa sebuah speedboat dari Kota Tobelo kabupaten Halmahera Utara (Halut) tujuan pulau Ngele Ngele kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar), Pulau Morotai, Jumat (03/08/2018) sekitar pukul 17.30 WIT.

Informasi yang dihimpun indotimur.com, menyebutkan, speedboat yang tidak membawa penumpang dan hanya nahkoda bernama Said Sailaha (39) warga desa Cucumare kecamatan Morselbar itu, saat tiba di perairan desa Tolonou dihantam ombak hingga tenggelam, akibatnya korban mengalami Hipotermia karena kedinginan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Ternate, Muhammad Arafah pada saat dikonfrimasi indotimur.com membenarkan adanya kejadian tersebut.

Kata dia, pihaknya menerima informasi dari staf perusahan PT. MMC bahwa terjadi kecelakaan speedboat yang membawa 3 orang penumpang dari Tobelo menuju pulau Ngele Ngele di sekitar perairan Tolonuo.

Setelah mendapat informasi tersebut, tim Rescue Pos SAR Tobelo langsung bergerak menuju lokasi dengan menggunakan RIB 03 yang dilengkapi dengan peralatan evakuasi.

Saat melakukan proses evakuasi, hanya menemukan 1 orang yang juga sebagai nahkoda speed naas tersebut. "Laporan awal ada 3 orang, tetapi setelah dievakuasi dan diinterogasi,  2 orang tidak jadi ikut sehingga korban yamg diselamatkan tim SAR gabungan, hanya 1 orang," terangnya.

Saat ini, korban telah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Tobelo guna mendapat perawatan intensif untuk memulihkan kondisi korban.

Hingga berita ini dipublish, redaksi indotimur.com, masih menunggu informasi terkait penyebab kecelakaan speedboat yang terjadi di perairan Halmahera bagian utara.(red)


Reporter: Safrin Samsudin Gafar