Home / Berita / Nasional
11 Oktober 2018

Kapal Sabuk Nusantara 86 Bawa Bantuan Warga Malut Ke Donggala

Bantuan Kemanusiaan Untuk Palu, Sigi Dan Donggala Saat Dimuat di Kapal Perintis Sabuk Nusantara 86

TERNATE,  OT  - Bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa dan tsunami Palu Sigi dan Donggala tahap yang ke III dari posko utama Almunawar Ternate kembali disalurkan melalui trasportasi laut dengan menggunakan kapal perintis Sabuk Nusantara 86.

Penggunaan kapal perintis Sabuk Nusantara untuk mendistribusikan bantuan dari masyarakat Maluku Utara melalui posko induk Almunawar, tak lepas dari peran aktif Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Ternate.

Pelepasan bantuan tahap III yang dipusatkan di halaman ruang tunggu pelabuhan Ahmad Yani, turut dihadiri Kepala KSOP kelas II Ternate, Kapolres Ternate, Kepala Basarnas, Ketua Posko Induk Almunawar, serta unsur terkait lainnya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Taher Laitupa, kepada sejumlah awak media termasuk indotimur.com mengatakan, bantuan yang disalurkan melalui KSOP merupakan tahap ke II setelah sebelumnya tahap pertama menggunakan kapal Pelni KM Labobar.

Kata dia, selain mengangkut bantuan yang tertumpuk pada posko induk Almunawar, kapal Sabuk Nusantara 86 juga akan mengangkut bantuan yang masih tertahan di Tidore.

"Berdasarkan hasil kesepakatan, bantuan yang diangkut oleh kapal Perintis Sabuk Nusantara 86 ini akan disalurkan ke Kabupaten Dinggala, sebab untuk Palu sudah disalurkan pada pengiriman pertama," kata Taher.

Bantuan yang disalurkan ke Donggala, diutamakan bahan makanan, perlengkapan wanita, minyak kelapa, mi instan serta pakaian layak pakai."setelah mengangkut bantuan di Ternate, kapal selanjutnya menuju Tidore untuk mengangkut bantuan sebanyak 5 ton, kemudian langsung menuju Donggala," ungkap Taher.

Sementara itu, ketua posko utama mesjid raya Almunawar Ternate, Muchsin S. Abubakar menambahkan untuk pengiriman tahap III dari posko utama sebanyak 6 unit dump truck yang difokuskan ke Kabupaten Donggala, sebab di Palu masih banyak stok bantuan yang tertumpuk di posko yang dibangun Almunawar di Palu.

"Bantuan hari ini yang dibawa oleh Sabuk Nusantara 86, terdiri dari bahan campuran, mulai dari pakaian, bahan makanan, makanan siap saji, perlengkapan wanita dan bayi. Pada pengiriman tahap IV,  kita fokus pada makanan siap saji, perlangkapan wanita dan bayi serta uang sekaligua kita tutup posko utama masjid Almunawar yang rencananya pada Jumat depan," tutup Muchsin.(red)


Reporter: Randy Basri