Home / Berita / Hukrim
28 Januari 2019

Siswi MIN Tidore Tewas Ditabrak Pick Up

Olah TKP Satlantas Polres Tidore

TIDORE, OT-  Seorang siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Koa Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut), tewas setelah ditabrak mobil pick up yang dikemudi Ismail Arsad (55) di depan sekolah, RW 03/RT 05 Kelurahan Bobo, Senin (28/1/2019) pukul 13.00 WIT.

Korban diketahui bernama Aulia Nurdin (10) yan juga siswi MIN kelas IV ditabrak saat menyebrang jalan untuk berbelanja di warung depan sekolah. 

Berdasarkan saksi mata di tempat kejadian, Siska Ismail Mahmud (12)yang juga  Siswa SD MIN 5 Tidore kelas 6 menyampaikan, kejadian itu terjadi saat mereka dan korban menyeberang jalan untuk belanja di warung depan sekolah, tiba-tiba korban ditabrak mobil dan terseret di bawah mobil.

Lanjut dia, setelah ketabrakan sopir kemudian mengangkat korban dan menyerahkan korban yang bersimbah darah ke masyarakat dan keluarga korban, lalu dibawa menggunakan mobil penumpang menuju Rumah Sakit Daerah (RSD) Tidore.

"Kejadian ketabrakan yang menimpa Aulia terjadi sekitar pukul 12.30 Wit, saat menyeberang jalan raya untuk berbelanja di warung depan sekolah, karena tidak ada orang maka Aulia langsung menyeberang dan tertabrak," tutur Saksi mata yang bersama korban akan menyeberang.

Lanjutnya, korban sebelum ditabrak, sempat menunduk karena korban menginjak roknya sendiri kemudian korban menunduk untuk mengangkat rok pakaiannya dan kemudian ditabrak mobil Pick Up L300 dari Arah Rum menuju Soasio.

Menurut keterangan saksi, korban setelah di tabrak mobil kemudian terseret sejauh 3 meter mengalami luka di bagian kepala, tangan, bagian belakang dan kaki korban sehingga bersimbah darah.

"Korban Aulia dikenal sehari- hari merupakan sosok yang pendiam dan murah senyum," tutur saksi yang juga teman sekolah korban.

Paman Korban Samiun Ishak (27) warga kelurahan Bobo menuturkan, korban setelah ditabrak pengendara mobil, kemudian dilarikan ke RSD Tidore oleh warga namun naas korban harus menghembuskan nafas terakhirnya di mobil sebelum tiba di RSD.

Kata Samiun, setelah kejadian dan pelaku kemudian melarikan diri dan belum ada kejelasan keberadaannya, dirinya kemudian bersama sejumlah warga melakukan aksi pemalangan jalan raya dan pemboikotan sekolah dengan maksud ingin mengetahui keberadaan pelaku, apakah sudah di amankan polisi atau belum.

Lanjut dia, Aulia merupakan anak kedua dari dua bersaudara, Ayah korban bernama Nurdin Hidayat dan ibu korban bernama Jubaidah Hi. Ahmad.

Sementara, Kanit Laka Satlantas Polres Tidore IPDA Yudha Adi Widodo menjelaskan, kronologis kejadian terjadi kecelakaan lalulintas di atas jalan umum Kelurahan Bobo Kecamatan Tidore Utara, Kota Tikep tepatnya didepan sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tikep.

Lanjut dia, korban pejalan kaki yang saat itu baru pulang sekolah dan kemudian menyebrangi jalan dari barat ke timur atau sekolah tujuan ke Kios diseberang jalan, namun pada saat berada ditengah jalan tiba- tiba datang sebuah Mobil Pick Up Warna Hitam dengan Nomor polisi DG 8284 LU yang dikendarai oleh tersangka atas nama Ismail M. Arsad pada saat itu datang dari arah Utara Tujuan Ke selatan.

Kata dia, mobil dengan kecepatan cukup laju kemudian menabrak korban pejalan kaki sehingga terjadilah peristiwa kecelakaan lalulintas tersebut, akibat dari peristiwa tersebut korban pejalan kaki atas nama Aulia Nurdin mengalami luka serius dibagian kepala dan meninggal dunia dalam perjalanan ke RSUD Kota Tikep. 

"Saat ini kami sudah mengamankan barang bukti berupa 1 buah mobil pick up merk mitsubishi L300 berwarna hitam dengan nomor polisi DG 8284 LU dan meminta keterangan saksi diantarnya Abubakar Ahmad (47) Alamat Kelurahan Bobo Kecamatan Tidore Utara, Siska Ismail Mahmud (12) Alamat Kelurahan Bobo Kecamatan Tidore Utara, Juaida Adam (12) Alamat Kelurahan Bobo Kecamatan Tidore Utara, dan Nasria Adam (10) Alamat Kelurahan Bobo Kecamatan Tidore Utara," katanya.(uji)


Reporter: Fauji Husen "ZI"