Home / Berita / Hukrim
21 Desember 2018

Ratusan Knalpot Mahal Di Musnahkan Polres Ternate

Knalpot racing yang dimusnahkan dengan cara dilindas dengan alat berat

TERNATE, OT  - Sedikitnya 262 knalpot racing dan 22 speker (sound system) yang digunakan kendaraan roda dua dan roda empat di wilayah hukum Kota Ternate, Jumat (21/12/2018), dimusnahkan oleh pihak Kepolisian Resort (Polres) Ternate di kawasan lapangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Bastiong Ternate.

Barang bukti sebanyak 262 knalpot racing dan sound system berbagai type dan merk itu merupakan hasil operasi penertiban Kepolisian yang ditingkatkan selama periode Juni hingga Desember 2018.

Kapolres Ternate, Azhari Juanda, kepada sejumlah wartawan termasuk indotimur.com, menyatakan, barang bukti knalpot racing dan sound system kendaraan diamankan pihak Kepolisian karena dinilai mengganggu dan meresahkan warga Kota Ternate, sehingga Polisi menindak dengan mengamankan baik knalpot mapun sound yang kerap dipasang di bawah mobil (sound kolong-red).

Kapolres menyatakan, pihaknya.tidak bekerja secara sendiri untuk mengatasi masalah knalpot dan sound system mobil angkutan kota, "kita akan libatkan semua pihak, stekholder baik Pemerintah Kota, Kemenag, Pengadilan Negeri, Kejaksaan, TNI, tokoh masyarakat dan lainya untuk menjadi gerakan bersama dalam mengatasi dua hal ini agar bisa membangun kesedaran masyarakat Kota Ternate yang sering menjadi budaya di kalagan masyarakat maka akan dicoba untuk merubah.

Orang nomor satu di jajaran Polres Ternate itu, menbahkan, pihaknya akan terus melakukan razia terhadap penggunaan knalpot racing dan sound system angkutan kota.

262 knalpot yang dimusnahkan, kata Kapolres, terdiri dari berbagai merk dan jenis, "ada beberapa knalpot yang harganya berkisar Rp 13 sampai Rp 15 juta, dan juga ada 22 unit sound system.  Kedepan akan terus dilakukan penertiban yang ada di angkutan umum maupun angkutan pribadi yang mengunakan sound system karena dapat meresahkan masyarakat pada saat jelang sholat maupun di malam hari di waktu jam istrahat," kata Kapolres.

"Semoga seluruh masyarakat Kota Ternate sama-sama menjaga marwah dan martabat Kota Ternate dari dua hal ini, baik miras maupun knalpot racing," tutupnya. (red)


Reporter: Randy Basri