Home / Indomalut / Halut
14 Maret 2018

Kodim Tobelo dan BPTP Provinsi Panen Padi Bersama Warga

TOBELO,OT- Dalam rangka percepatan swasembada pangan melalui Upaya Khusus padi jagung kedelai (Upsusu Pajale) di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara (Malut), dilaksanakan serangkaian acara Panen Raya Padi imparit 37.

Larang dan Dialog Pertanian serta Sergap Dukungan UPSUS PAJALE, bertempat di Desa Soahokum, Kecamatan Kao Barat, Kab. Halmahera Utara,  Provinsi Maluku Utara. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh BPTP (Balai Penelitian Tanaman Pangan) Provinsi Malut bekerja sama dengan instansi terkait.

Hadir dalam acara tersebut  Kepala BPTP Prov. Malut Ir. Bram Brhamantiyo, Kasi Produksi Tanaman Pangan Distan Prov. Malut Sahlan Turuy, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Robi Manuel, Kadistan Halut Valentino .E. Lewakabessy, Kasi Pengadaan Bulog Provinsi Malik Abd. Wahab,  BP2STP di wakili oleh Pengawas Benih Tanaman Suriadin, Kadis Pangan Halut Samud Taha, Kepala Cabang Bank BRI Tobelo Adhi Nugroho, Peneliti Lolit (Loka Penelitian Tungro), Wasis Senoaji, Staf BPS Halut Habibulah, Camat Kao Barat A. Nanlohi, Danpos Kao Barat  Ramil 1508-03/Kao Serma Brury Kelmanutu, Kepala Sub Sektor Kao Barat Ipda A. Sanggaria, BP3K Kao Barat Bpk. Philips, Para Kades, para Babinsa Kao Barat,  Para Kapok Tani Kec. Kao Barat.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPTP Malut Bram Brhamantiyo menyampaikan, pihaknya dari badan Litbang selalu mencari jalan keluar untuk meningkatkan benih dan panen padi kepada masyarakat Kec. Kao Barat, dimana kami mendapat tugas dari Kementrian untuk melaksanakan Serap Gabah dari para petani dan ada beberapa daerah yang spesifik dan penyedia dana dari PT. Bank BRI dan bekerja sama dengan TNI.

"Dukungan inovasi adalah bagian dari kami maka itu kami di percayakan untuk melaksanakan Serap Gabah dan inilah awal dari kita untuk meningkatkan hasil panen oleh para petani padi. Keunggulan padi imparit 37 lanrang adalah tahan tungro rasa nasinya pulen, toleran rebah dan berdarlsarkan hasil ubinan mendapat hasil 7,8 Ton/H GKP," ungkapnya. 

Sementara Kadistan Halut Valentino .E. Lewakabessy, Kadis Pangan Halut Samud Taha, Kasi Pengadaan Bulog Provinsi Malik Abd. Wahab,

Kepala Cabang Bank BRI Tobelo Adhi Nugroho juga diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan mengatakan, dirinya berterima kasih karena di hari ini ada kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Kao Barat yang dimana kita melihat Kao Barat adalah lumbung padi yang ada di Kab.

"Halut dan kami akan berupaya untuk meningkatkan hasil panen, sehingga kita menkonsumsi beras lokal. Kami senantiasi melaksanakan kolaborasi dengan instansi terkait untuk mendorong peningkatan produksi pertanian kita di padi sawah. Kami juga berterima kasih atas dukungan TNI dalam meningkatkan kebutuhan pangan yang dimana kami tidak di bantu dengan TNI maka ini tidak akan berjalan sesuai harapan yang kita inginkan," katanya.

Kepala Staf Kodim 1508/Tobelo Mayor Inf Robi Manuel mengatakan, TNI mengucapkan banyak terima kasih yang dimana telah dapat bekerja sama atas semua yang telah diberikan kepada masyarakat.

"Kami mengharapkan kepada para petani agar dapat menggarap lahan yang kemarin kami sudah laksanakan kegiatan cetak sawah," jelasnya.

Dia menambahkan, para petani yang telah melaksanakan penanam padi, agar mensosialisaikan kepada masyarakat lokal untuk bertani di bidang padi, supaya dapat dipahami oleh masyarakat serta dapat dibuatkan kajian sampai di tingkat pusat agar dapat di bagi menjadi beberapa zona untuk pembelian gabah dari petani, harapnya. (WYU -DM/1508).(red)


Reporter: Fauzan Azzam