Home / Indomalut / Haltim
12 November 2018

Upacara HKN di Haltim Berlangsung Hikmat

MABA,OT- Upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 Tahun di halaman kantor Bupati Halmahera Timur, Senin (12/11/2018) pagi tadi, mengangkat tema "Aku Cinta Sehat” dengan sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita". Berlangsung hikmat.

Tema tersebut sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan berperilaku hidup sehat. Sementara pelaksana tugas Bupati Haltim Muh Din bertindak sebagai inspektur upacara dan sekaligus membacakan sambutan Mentri Kesehatan, Republik Indonesia, Nila Farid Moeloek.

Muh Din dalam sambutan tersebut mengatakan, peringatan HKN ke 54 sebagai momentum yang baik untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apa bila komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memproritaskan promotivme-preventif tanpa memgabaikan kuratif dan rehabilitatif. 

"Mengubah pola hidup ke arah promotive-preventif dengan menekankan pada prilaku hidup sehat yang dimukai dari diri sendiri, merupakan salah satu uoaya meningkatkan kesedaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat," katanya. 

Lanjut dia, meningkatkan kesedaran masyarakat berprilaku hidup sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas, telah diprakarsai oleh Presiden RI menjadi sutu gerakan Nasional yang tertuang dalam Inpres nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat. 

"Dalam kesempatan HKN Ke-54 yang bertepatan dengan 4 tahun Pemerintahan Jokowi-JK, kita patut bersyukur bahwa berbagai Program Kesehatan yang dilaksanakan telah berjalan dengan baik," tuturnya. 

Dia mengatakan, peringatan HKN saat ini, mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan. semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri kita masing-masing.

"Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program Kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan sektor terkait. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya GERMAS dengan GERMAS, kita mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat," katanya. 

Dia menabahkan, dirinya ingin memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya Program kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat dan lain-lain, sehingga dimasa yang akan datang pembangunan kesehatan.

Sekedar diketahui, Peringatakan HKN ke 54 tahun, Pemerintah Kabupaten Haltim dalam hal ini, Dinas Kesehatan juga melaksanakan rangkaian kegiatan yakni pemriksaan kesehatan, jalan sehatan dan senam sehat.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar