Home / Indomalut / Halsel
02 Januari 2019

"Lagi" Warga Asal Bitung Dilaporkan Hanyut Bersama Rumpon

Informasi yang di terima basarnas ternate sesuai titik koordinat

TERNATE,  OT - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Rabu (2/1/2019) bergerak untuk mencari satu buah rumpon yang dilaporkan hanyut dari perairan Bitung hingga ke perairan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut).

Kepala Kantor Basarnas Ternate, M. Arafah, dalam rilisnya yang diterima redaksi indotimur.com, menyebutkan, sekitar pukul 11.30 WIT Basarnas Ternate menerima informasi dari Efendi salah satu anggota ORARI Bacan yang telah melaporkan bahwa, yang bersangkutan menerima panggilan darurat di frequency radio 14.410 Mhz dari rumpon yang hanyut dari perairan Bitung Sulawesi Utara beserta seorang nelayan atas nama Riondo Pawelin (22l

Arafah mengatakan, dari hasil komunikasi, bahwa rumpon tersebut sudah berada di 5 NM sebelah barat pulau Lata-Lata, Halmahera Selatan atau jarak dari Pelabuhan Perikanan Bacan sekitar RIB-LKP 37.46 NM

"Sehingga dengan cepat kami menerima laporan sekitar pukul 11. 45 WIT langsung dikerahkan Tim Rescue Unit Siaga SAR Bacan dan Potensi SAR Halmahera Selatan bergerak menuju LKP dengan menggunakan 1 Unit RIB," ungkap Arafah.

Tim Rescue juga dibekali alut dan Palsar yang digunakan dalam evakuasi yakni, RIB 01 alat medis, alat evakuasi dan kantong mayat dengan personil dari Unit Siaga SAR Bacan sebanyak 5 orang, POS TNI AL Bacan sebanyak 1 orang dan ORARI Bacan sebanyak 2 orang yang dikerahkan guna melakukan Ops SAR Rumpon di perairan Halmahera Selatan. (red)


Reporter: Randy Basri