Home / Indomalut / Ternate

Alien Mus Dukung Program 100 Hari Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate

20 Juni 2021
Anggota Komisi IV DPR-RI, asal Maluku Utara, Alien Mus

TERNATE, OT - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dalam menanggulangi persoalan sampah mendapat support dari anggota komisi IV DPR-RI, asal Maluku Utara, Alien Mus.

Dukungan politisi perempuan partai Golkar itu, disampaikan usai bertemu Wakil Wali Kota Ternate, Jasri Usman bersama Kepala Bappelitbangda, Rizal Marsaoly, di Kantor Wali Kota Ternate, baru-baru ini.

Alien usai pertemuan menyatakan, Kota Ternate sudah sangat terdampak oleh sampah, sehingga butuh perhatian serius semua pihak, termasuk pemerintah pusat.

"Kalau saya bilang (Kota Ternate) sudah darurat sampah, makanya harus ada atensi yang luar biasa. Kalau hanya mengharapkan pemerintah Kota Ternate sendiri tidak bisa, anggarannya tidak cukup," ucap Alien.

Dia menyatakan, selain sampah di darat, sampah juga sudah bertebaran di laut, terutama di perairan antara Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Halmahera Barat.

BACA JUGA : Wali Kota Ternate Resmikan Trans Depo di Bastiong Karance

Alien mengaku, telah memasukan progran penanganan sampah dalam aspirasinya. Selain Kota Ternate, Alien melalui Kementerian Lingkungan Hidup, akan menyalurkan bantuan berupa armada sampah ke Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Barat.

"Saya prioritaskan untuk Kota Ternate dulu. In Shaa Allah Juli sudah ada karena itu sudah masuk dalam aspirasi saya," ujar Alien seraya berjanji akan meminta Kementerian Lingkingan Hidup untuk mengunjungi Maluku Utara khususnya Kota Ternate, untuk melihat secara langsung persoalan sampah.

"Saya sudah sampaikan ke pemerintah pusat bahwa ada tiga kabupaten/kota di Maluku Utara yang harus bekerja sama, yaitu Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Halmahera Barat," pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih atas kepedulian Alien Mus dalam mendukung program Pemkot Ternate, khususnya soal.sampah.

Kata dia, Bappelitbangda sebagai OPD teknis akan mengawal program 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate dalam penanganan sampah.

"Ibu Alien sudah sampaikan di depan pak wakil bahwa akan membantu 3 unit armada motor roda tiga. Nanti kalau bantuannya sudah ada kita akan distribusikan ke dalam program yang sementara menjadi pilot project," ujarnya.

BACA JUGA : Pastikan Trans Depo Beroperasi, Wali Kota Ternate Bersama Anggota DPR-RI Kunjungi Bastiong Karance

Pemkot sendiri, lanjut Rizal,.juga sedang berupaya untuk mendapat bantuan dari stakholder misalnya, Alfamidi, Indomaret, Telkom, hingga Firma Agung untuk membantu program penanganan sampah yang sedang digenjot Pemkot Ternate.

"Misalnya Indomaret bisa kasih 1 unit kaisar, dan itu semua bisa kasih satu-satu kan jadi banyak. Itu artinya, pergerakan untuk penataan pengelolaan sampah secara partisipatif bisa diekspansi lagi ke kelurahan-kelurahan lain, tidak hanya di Bastiong Karance dan Talangame," tuturnya.

Rizal mengakui bahwa Pemkot Ternate masih kekurangan armada sampah. Sehingga melalui pilot project Trans Depot Sampah yang sudah dilaunching hari Selasa lalu di Kelurahan Bastiong Karance dan Bastiong Talangame bisa menjadi contoh. 

"Pola penanganan sampah itu, satu kaisar melayani dua kelurahan. Jadi kalau kita mau ekspansi misalnya tambah ke kelurahan-kelurahan lain maka tentu motor kaisar juga harus ditambah. Jadi ibu Alien sudah sampaikan akan membantu melalui Kementerian Lingkungan Hidup," terangnya.

Pemkot sementara ini juga sudah mengambil langkah strategis dengan meminta partisipasi dari instansi-instansi vertikal yang ada di wilayah Kota Ternate. "Kalau tiap-tiap instansi vertikal bisa kasih kita satu motor kaisar kan alhamdulillah. Itu yang sedang kita upayakan sekarang," tutup Rizal. 

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT