Home / Nusantara

Basarnas Ternate Evakuasi 20 Penumpang PM Lintas Tuanane

18 Februari 2021
Proses evakuasi PM Lintas Tuanane  di perairan Tidore oleh K.NP 375 milik UPP Soasio

TERNATE, OT - Sebuah kapal kayu rute Ternate-Moti yang membawa 20 orang penumpang dilaporkan mengalami kebocoran di perairan Pulau Tidore, Maluku Utara, Kamis (18/2/2021).

Atas peristiwa tersebut, Basarnas Ternate langsung bergerak cepat melakukam operasi SAR untuk mengevakuasi penumpang kapal nahas tersebut.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah dalam rilisnya yang diterima redaksi indotimur.com, mengungkapkan, pihaknya mendpaat informasi kebocoran kapal tersebut dari salah satu penumpang kapal.

Penumpamg tersebut melaporkan, PM Lintas Tuanane yang membawa 20 orang terdiri dari penumpang dan awak kapal mengalami kebocoran dan kemasukan air sekira pukul 08.50 WIT. "Kapal Perahu Motor (PM) Lintas Tuanane mengalami kebocoran di perairan Tidore,” ungkap Arafah.

Mendapat informasi tersebut, sekitar pukul 09.40.waktu di Ternate, Basarnas memberangkatkan satu tim Rescue yang bergerak menuju lokasi kecelakaan laut menggunakan Kapal Kn. SAR Pandudewanata.

“Tim ini terdiri atas personel Basarnas Ternate, Polair Polda Malut, Lanal Ternate dan KSOP Ternate. Perkembangan selanjutnya akan kami infokan lagi,” tutup Arafah.

Berita Terkait : Cuaca Buruk KSOP Ternate Tunda Seluruh Aktifitas Pelayaran

Sementara itu, informasi yang diterima indotimur.com, memyebutkan, peristiwa ini terjadi di lingkungan DLKR dan DLKP wilayah Kota Tidore Kepulauan.

Proses evakuasi dilakukan oleh K.NP 375 milik UPP Soasio yang bergerak dan melakukan evakuasi kapal di towing (tunda-red) oleh K.NP 358 milik KSOP Ternate.

 (red)


Reporter: Gibran
Editor: Ibenk