Home / Indomalut / Ternate

Warga Ternate Minta Dishub Segera Aktifkan Terminal Gamalama

26 Februari 2021
Suasana di ruas jalan Sultan Djabir Syah depan pasar Barito Ternate

TERNATE, OT - Pengguna jalan raya di Ternate, meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Perhubungan segera mengaktifkan terminal Gamalama.

Warga Ternate menilai akibat belum diaktifkannya terminal Gamalama, menyebabkan ruas jalan di depan pasar Barito kerap mengalami kemacetan.

"Setiap pagi, siang dan sore, jalur di depan pasar Barito pasti macet," sebut Saiful salah satu warga Ternate Utara.

Dia menilai, kemacetan di kawasan tersebut disebabkan banyak angkutan kota (angkot) yang parkir di sisi kiri dan kanan jalan raya.

"Apalagi ada banyak pedagang buah yang menempati sebagian badan jalan atau tepat pembatas jalan sehingga jalur yang dilalui kendaraan semakin sempit," ungkapnya.

Kondisi ini diperparah dengan banyaknya kendaraan pribadi baik motor maupun mobil yang parkir secara sembarangan di depan pasar buah dan pasar higenis.

"Di dekat jembatan atau samping rusunawa itu banyak kendaraan yang parkir sehingga jalur itu pasti macet, kalau pagi, siang apalagi sore saat selesai jam kantor," kesalnya.

Dia meminta Dishub segera mengaktifkan terminal Gamalama sehingga jalur di depan pasar Barito tidak lagi ditempati angkot. "Kalau terminal sudah aktif, pasti angkot masuk ke dalam dan di jalur luar terminal pasti tidak macet," ungkap Saiful.

BERITA TERKAIT : Tak Ada Anggaran, Terminal Gamalama Belum Bisa Difungsikan Tahun Ini

Saiful menambahkan, jika Dishub beralasan fasilitas terminal belum lengkap, sehingga belum bisa diaktifkan, "paling tidak harus tempati petugas untuk mengatur lalu lintas di kawasan tersebut agar tidak macet," harapnya.

Hal senada juga disampaikan Ubay, warga Gambesi yang berprofesi sebagai tukang ojeg.

Dia menyatakan, jalur depan pasar Barito setiap pagi, siang dan sore pasti macet, "apalagi jam-jam sibuk, itu pasti macet karena kendaraan parkir sembarangan ditambah adanya pedagang buah di sisi pembatas jalan," kata Ubay.

Hal ini diperparah dengan minimnya petugas untuk mengatur arus lalu lintas, "petugas Dishub juga tidak ada yang mengawasi sehingga kemacetan semakin parah," ungkapnya.

Dia mengaku, kadang ada petugas namun jika sore hari, saat petugas sudah tidak ada, maka angkot dan mobil pribadi parkir sembarangan, sehingga mengakibatkan kemacetan di jalur tersebut.

"Sebagai pengguna jalan, kami berharao, Dishub segera menindak lanjuti agar warga yang melintas di kawasan tersebut merasa nyaman dan tidak terjebak macet," harapnya.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT