Home / Indomalut / Ternate

Baznas Ternate Salurkan Bantuan Konsumtif Untuk 2.660 Penerima

07 Oktober 2022
Komisioner Baznas Kota Ternate

TERNATE, OT - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) bakal menyalurkan bantuan konsumtif dalam bentuk uang tunai kepada 2.660 keluarga yang berhak menerima di wilayah Kota Ternate.

Rencananya, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman akan menyerahkan secara simbolis bantuan kepada orang yang berhak.

Sesuai rencana, penyerahan bantuan konsumtif akan dilakukan pada Minggu (9/10/2022) sesuai zona penerima.

Ketua Baznas Kota Ternate, H. Adam Ma'rus, mengatakan total dana yang disalurkan kepada orang yang berhak menerima, mencapai Rp, 798 juta.

"Dana ini bersumber dari infak dan sedekah masyarakat, dan merupakan kewajiban Baznas sebagai lembaga amil untuk menyalurkan sesuai aturan dan petunjuk Alquran," kata Adam di Ternate.

Menurutnya, jumlah ini lebih rendah dari tahun sebelumnya yang bisa mencapai 4.000 keluarga.

"Tahun ini kami salurkan bantuan konsumtif hanya satu kali. Kalau tahun sebelumnya itu 4 kali dalam satu tahun, sekali penyaluran untuk 1.500 keluarga. Asumsi kami terjadi penurunan angka mustahik atau orang yang berhak penerima bantuan konsumsi," ungkap Adam.

Dia menyebut, data mustahik diperoleh dari hasil verifikasi lapangan setelah tim memperoleh data dari pengurus masjid dan musholah, "kemudian ditindaklanjuti dengan verifikasi data oleh pihak Baznas dengan cara turun langsung ke keluarga yang didata," katanya.

Adam mengklaim, pihaknya memiliki data valid karena verifikasi dilakukan langsung di lapangan. "Dari sini kami punya data valid dan yang tidak memenuhi syarat akan langsung dihapus dan diganti dengan keluarga lain," katanya.

Wakil Ketua Baznas Kota Ternate Bidang Penyaluran ZIS, Ustad H. Saleh Sakola menambahkan, penyaluran bantuan ini akan dilakukan pada hari Minggu tanggal 9 Oktober 2022.

Penyaluran bantuan konsumtif akan dilakukan pada tiga sesi, "kita mulai tanggal 9 pagi, di Masjid Kayu Merah untuk penerima bantuan dari wilayah Ternate Selatan dan Pulau Ternate," terangnya.

Kemudian masih pada hari yang sama, jam 13:00 atau jam 1 siang, di Masjid Agung Al-Munawwar untuk penerima bantuan dari wilayah Ternate Utara, Ternate Tengah dan Ternate Barat.

"Sementara untuk wilayah Pulau Moti dan Pulau Hiri dijadwalkan pada tanggal 22 Oktober 2022," sebut Usdad seraya menyebut, penyaluran dilakukan secara bertahap untuk menghindari kerumuman saat pembagian.

Rencananya, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman akan hadir sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan konsumtif untuk perwakilan masyarakat atau pemerima bantuan.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT