Home / Indomalut / Ternate

2.020 Warga di Ternate Menerima Bantuan Baznas Kota Ternate

Bantuan Diserahkan Secara Simbolis Oleh Sekda Kota Ternate
05 Maret 2024

TERNATE, OT - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Rizal Marsaoly secara simbolis menyerahkan bantuan kepada para imam dan badan sara’a masjid dan musalah, serta para penerima manfaat zakat di Kota Ternate.

Kegiatan yang dipusatkan di masjid raya Almunawar Ternate itu, turut dihadiri Komisioner Baznas Kota Ternate, Kepala Kantor Agama Kota Ternate, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta unsur Forkopimda Kota Ternate dan para penerima manfaat.

Tidak kurang dari 2.020 warga yang terdiri dari tokoh agama (para imam dan badan sa'raa) serta warga penerima maanfaat secara simbolis menerima bantuan uang tunai yang disalurkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate, pada Selasa (5/3/2024).

Wakil Ketua Baznas Kota Ternate Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS), Ustadz H. Saleh Sakola, menjelaskan, bantuan yang diberikan ini terdiri dari bantuan kepada para imam dan badan sara’a masjid musalah sebanyak 670 orang, dan warga kurang mampu sebanyak 1.350 orang.

“Total 2.020 orang. Dan ini tersebar dalam Kota Ternate serta Pulau Hiri dan Pulau Moti,” jelasnya.

Saleh Sakola menjelaskan, total dana yang disalurkan sebesar Rp. 538.500.000, yang terdiri dari Rp. 201 juta disalurkan kepada para imam dan badan sara’a, serta Rp. 337.500.000 kepada warga kurang mampu. Bantuan ini sendiri ditujukan untuk membantu para warga menghadapi bulan suci Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi.

Sumber dana untuk penyaluran ini merupakan hasil dari penghimpunan dana zakat masyarakat yang disetor lewat Baznas Kota Ternate. Diharapkan, tahun ini dan tahun-tahun mendatang akan semakin banyak warga Kota Ternate yang menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya melalui Baznas Kota Ternate, sehingga semakin banyak pula warga kurang mampu yang bisa dibantu.

.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Kerjasama Baznas Kota Ternate Nardiansyah Noor menuturkan, sesuai arahan Wali Kota Ternate, bantuan Baznas tidak saja disalurkan kepada umat Islam. Melalui pengumpunan DSKL (Dana Sosial Keagamaan Lainnya) pada kondisi tertentu Baznas Kota Ternate juga dapat menyentuh warga non-Muslim.

“Kita semua warga kota tidak membedakan agama apapun. Di mana ada kebutuhan, Baznas Kota Ternate akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu meringankan beban sesama warga,” ujar Nardiansyah.

Data yang dihimpun indotimur.com menyebutkan, di akhir tahun 2023 lalu Baznas Kota Ternate melalui Program RLHB (Rumah Layak Huni Baznas) telah melakukan perbaikan terhadap 15 unit rumah. Salah satu rumah yang masuk program ini berada di Kelurahan Mayau, Kecamatan Batang Dua.

Dalam peninjauan ke lokasi pada Desember 2023 lalu, Ketua Baznas Kota Ternate dan Wali Kota Ternate menyempatkan untuk menyerahkan puluhan paket sembako kepada warga di sejumlah Kelurahan di Kecamatan Batang Dua.

 (fight)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT