Home / Advertorial / Ternate Pintar

Wali Kota Ternate Perintahkan Camat dan Lurah Segera Data Anak Putus Sekolah

03 Agustus 2022
Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman memerintahkan aparatur Kecamatan dan Kelurahan di Kota Ternate untuk segera melakukan pendataan anak putus sekolah pada tiap-tiap wilayah untuk selanjutnya, diserahkan ke Dinas Pendidikan (Disdik) untuk ditindak lanjuti.

Kepada indotimur.com Wali Kota Ternate mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate terus berupaya untuk menekan angka anak putus sekolah di Kota Ternate.

Menurutnya, upaya untuk menekan angka anak putus sekolah harus dilakukan secara masif oleh seluruh elemen baik pemerintah maupun masyarakat, "langkah awal harus dimulai dari lingkungan RT/RW, kemudian Lurah hingga Camat, harus intens melakukan pendataan anak putus sekolah di lingkungan masing-masing," kata Wali Kota.

Dia menyatakan, yang paling mengetahui data anak putus sekolah, adalah aparatur Kelurahan tingkat RT/RW, sebab mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga bisa memastikan data anak putus sekolah pada tiap-tiap lingkungan.

"Maka dari itu, Lurah dan Camat kemudian RT dan RW harus turun ke masyarakat, cari tau anak-anak di lingkungan masing-masing untuk mendata anak putus sekolah selanjutnya ditindak lanjuti oleh Dinas Pendidikan," sebut Wali Kota.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate juga meminta Disdik segera mengambil langkah jika data anak putus sekolah telah diperoleh, "jika sudah ada data, maka Disdik harus tindak lanjuti untuk kembali menyekolahkan anak-anak tersebut, kalau misalnya sudah pada jenjang SMP atau SMA, bisa langsung mengikuti paket B atau paket C," tegasnya.

Pemerintah, kata Wali Kota sangat berharao, kedepan tidak ada lagi anak putus sekolah di Ternate sehingga visi misi Tetnate Mandiri dan Berkeadilan (Andalan) dapat terwujud.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT