Home / Berita / Teknologi

Mengenal Signal, Aplikasi Chatting Alternatif Pengganti WhatsApp

13 Januari 2021

Sejak Whatsapp memperbarui Kebijakan Privasinya, banyak pengguna WhatsApp yang beramai-ramai meninggalkan aplikasi chat tersebut. Signal dan Telegram menjadi pilihan sebagai pengganti WhatsApp. Jika kalian memiliki niat untuk bermigrasi ke Signal, sebaiknya kita mengenal Signal lebih dekat dulu. 

 merupakan aplikasi messaging yang sudah dibangun sejak tahun 2013. Bermarkas di Castro Street Suite, California, Amerika Serikat, sebagai organisasi Non-Profit. Aplikasi ini sudah banyak digunakan sejak lama, apalagi setelah Edward Snowden, seorang mantan agen CIA yang membocorkan rahasia kepada pers terkait dengan hak privasi warga Amerika Serikat yang dimata-matai oleh NSA. Dan sejak saat itu, sebagian besar pengguna aplikasi chatting yang sangat concern dengan masalah privacy pun mengikuti jejak Edward Snowden dengan menggunakan Signal.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sejenis, juga kurang lebih memiliki fitur yang sama, seperti Berbagi teks, pesan suara, foto, video, GIF, bisa melakukan panggilan suara dan video, membuat grup, dan lain-lain. Selain itu, keunggulan utama dari Signal adalah Privasi Pengguna dengan pesan yang dienkripsi End to End.

Kelebihan lain aplikasi ini adalah Cross Platform, dimana aplikasi Signal bisa di install disemua perangkat, baik PC maupun Smartphone, dan tersedia di semua sistem operasi seperti Windows, Linux, Android, maupun iOS.

Awal tahun ini, Signal mulai kebanjiran pengguna baru sejak Elon Musk, Founder Space-X yang merupakan orang terkaya di dunia saat ini ikut menyuarakan di Twitternya untuk menggunakan Signal.

Cuitan Elon Musk ini langsung memicu para pengguna WhatsApp yang sedang bingung mencari aplikasi alternatif pengganti WhatsApp dan berbondong-bondong menginstall Signal. Bahkan Signal perlu memberikan informasi melalui akun Twitter mereka karena kewalahan mengatasi ramainya akun baru yang mendaftar.

Sekarang, setelah melihat seorang Edward Snowden dan Elon Musk menggunakan Signal, apakah kalian juga semakin mantap untuk beralih ke Signal?

Download Aplikasi Signal melalui link dibawah ini.

Android . iPhone atau iPad . Windows . Linux . Mac(capt)


Reporter: Capt