Home / Berita / Teknologi
23 Februari 2018

Fitur Voice Call Dan Video Call Di WA Bermasalah? Ini Solusinya

TERNATE, OT - Dalam sepekan terakhir, pengguna aplikasi Whatsapp (WA), di Ternate provinsi Maluku Utara (Malut), mengaku telah mengalami gangguan dalam berkomunikasi khususnya saat menggunakan layanan video call maupun voice call.

Sejumlah pengguna WA di Ternate mengaku tidak bisa berkomunikasi melalui voice call maupun video call. "Kalau pesan bisa, hanya telepon suara dan video call yang susah," ujar Zaki Nino warga Kalumpang kota Ternate, Jumat (23/2/2018).

Kata dia, saat menggunakan dua fitur tadi, terdengar suara menunggu, tetapi saat diangkat, hanya tertulis menyambungkan tanpa ada suara atau gambar, jika menggunakan video call.

"Ada nada masuk, tetapi saat diangkat, hanya tertulis menyambungkan, suara dan gambar tidak tersambung," ungkapnya.

Terpisah, Doddy Kepala Bidang Informasi Publik Telekomunikasi dan Penyiaran pada Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskomsandi) kota Ternate, yang ditemui indotimur.com, mengaku aplikasi WA yang terdapat pada telepon selularnya, dapat digunakan.

Kata Doddy, untuk menggunakan video call maupun voice call, pengguna harus merubah pengaturan pada teleponnya dari jaringan 4G LTE ke jaringan 3G.

Doddy menjelaskan, untuk merubah jaringan, pengguna telepon selular masuk ke pengaturan kemudian pilih koneksi, selanjutnya pilih jaringan selular. Setelah itu, pengguna masuk ke mode jaringan dan pilih jaringan 3G.

"Bisa digunakan, tinggal mengganti jaringan seluler dari 4G LTE, ke jaringan 3G," ungkapnya.

Meski begitu, Doddy mengaku tidak mengetahui letak gangguan yang terjadi pada aplikasi WA, "apakah jaringan 4G yang bermasalah atau apa, saya tidak tau pasti, yang jelas, punya saya jadi dan itu diberitahukan oleh kawan-kawan yang juga mengalami hal serupa," pungkasnya.

Selamat mencoba...(thy)


Reporter: Ibenk