Home / Berita / Politik
16 September 2020

Statement Kadinkes Halbar Soal Paslon Positif Corona Menuai Polemik

Mantan Anggota DPRD Halbar Yang Menjadi Relawan Paslon DESAIN

HALBAR, OT - Pernyataan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Halmahera Barat (Halbar), terkait status kesehatan salah satu bakal calon kepala daerah di Halbar, menuai protes sejumlah pihak.

Salah satu pihak yang mempersoalkan pernyataan Kadinkes, datang dari relawan tim Denny Palar-Iksan Hi Husen (DESAIN). Mereka mencurigai ada "hipotesis" atau perintah dari pihak tertentu sehingga Kadinkes Halbar Rosfinje Kalengit berani mempublikasikan status kesehatan salah satu bakal calon kepala daerah di Kabupaten Halbar yang terkonfirmasi positif covid-19.

Salah satu relawan DESAIN, Samad Hi Moid, menilai Kadinkes Halbar tidak beretika dalam menyampaikan stetmen apalagi terkait proses Pilkada di Halbar.

Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halbar tiga periode itu, menyatakan, sebagai seorang ASN, tidak.semestinya Kadinkes menyebut identitas pasien, apalagi seorang publik figur yang sedang mengikuti proses Pilkada.

"Tidak beretika. karena dalam tatakrama pemeriksaan semestinya dia (Kadinkes-red) sudah tahu. Jangankan calon Bupati, masyarakat biasa pun tidak bisa disebut identitasnya, tanpa.seijin yang bersangkutan Apalagi ini seorang calon publik figur, harus dirahasiakan," kesal Samad.

Menurutnya, pernyataan Kadinkes memicu keresahan masyarakat Halbar, sehingga Bupati harus segera mengevaluasi kinerja Kadinkes agar menjadi contoh bagi kepala OPD lainnya.

"Apa yang dia (Kadis-red) lakukan ini, kami yakin pasti ada "sesuatu" di balik itu. Ada semacam hipotesis dan hipotesis itu harus dipertanggung jawabkan," tegasnya. (deko)


Reporter: Hasarudin Harun