Home / Berita / Politik

KPU Tikep Terus Siapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan Untuk Pemilu dan Pilkada 2024

13 Desember 2021
Anggota KPU Tidore Amiruddin Ais

TIDORE, OT- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Propinsi Maluku Utara, terus mempersiapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 nanti.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Tikep Amirudin Ais mengatakan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 6 tahun 2021 tentang pemuktahiran data daftar pemilih berkelanjutan sehingga KPU mengundang beberapa stakeholder untuk koordinasi kesiapan data pemilu berkelanjutan.

Menurutnya, PKPU nomor 6 tahun 2021 merupakan salah satu PKPU yang terlahir di luar tahapan yaitu PKPU pemuktahiran data daftar pemilih berkelanjutan.

"Dulu kita mengundang Partai Politik (Parpol) pada rapat koordinasi pemutakhiran data daftar pemilih berkelanjutan, namun saat ini tidak lagi, yang kita undang sekarang hanya Camat, Lurah, RT, RW, Kepolisian, Tentara, Dukcapil dan bagian Pemerintah Setda Tidore," ungkapnya.

Ada penurunan data pemilih pada bulan Oktober lalu, dimana Sistem Daftar Pemilih (Sidali) telah mendeteksi ternyata ada 11 orang pemilih di Kota Tidore yang telah pindah pemilih ke daerah lain, dari data sebelumnya pada bulan Oktober 2021 sebanyak 74.239 dan di bulan November 2021 turun menjadi 74.228.

Saat ini, KPU kota Tidore juga telah menyiapkan Sidali baru nama Sistem Daftar Pemilih Berkelanjutan (Sidalijut) dengan Sidalijut ini bisa mendeteksi sehingga angka daftar pemilih bisa sinkron pada saat pleno nanti.

Amirudin menambahkan, direncakan nanti di awal Januari 2022 KPU Tidore akan menggelar pleno data Daftar Pemilih untuk 3 bulan, jadi nanti di bulan Januari 2022 dengan menghadirkan beberapa stakeholder sesuai dengan petunjuk PKPU nomor 6 tahun 2021.

"PKPU ini baru saja keluar pada di tanggal 11 November 2021, sebelumnya KPU biasanya merujuk pada edaran 366, namun saat ini sudah ada PKPU nomor 6 tahun 2021 tentang pemuktahiran daftar pemilih berkelanjutan untuk persiapan pemilu dan pemilihan di 2024 nanti," terang Amiruddin.

Daftar pemilih untuk Kota Tidore Kepulauan sebanyak 74,228 dan kali ini lebih banyak perempuan yaitu sebanyak 37,804 dan untuk laki-laki sebanyak 36,422.(mg_mahasiswa)


Reporter: Magang
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT