Home / Berita / Politik

KPU Malut Minta Daerah yang Telah Menerima Putusan MK Segera Gelar Pleno Penetapan

18 Februari 2021
Pudja Sutamat (foto_ist)

TERNATE, OT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) meminta 6 (enam) KPU Kabupaten dan Kota di Malut, segera melakukan pleno penetapan pasangan Bupati atau Wali Kota terpilih pasca putusan Mahkamah Konstitusi.

Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat ketika dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Kamis, (18/02/2021) mengatakan, sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020, dijelaskan bahwa lima hari setelah menerima salinan putusan, maka KPU Kabupaten/Kota harus melaksanakan rapat pleno terbuka untuk penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

"Jadi nanti tinggal disesuaikan waktunya sesuai dengan peraturan KPU, karena putusan dari MK untuk Kabupaten/Kota kan, berbeda-beda kemarin, sehingga nanti disesuaikan saja sesuai dengan peraturan KPU," ujar Pudja.

Menurutnya, setelah pleno penetapan, paling lambat satu hari atau pada hari yang sama sudah harus disampaikan kepada pimpinan DPRD setempat untuk ditindaklanjuti sesuai kewenangan masing-masing paslon, setelah KPU melakukan pengusulan pengesahan dan pengangkatan," tutur Pudja. 

"Soal pelantikan nanti, kewenangannya di luar KPU. Jadi kita tanggung jawab kita sudah selesai, setelah pengusulan pengesahan dan pengangkatan. Berita acara dan SK nya apabila sudah diberikan kepada pimpinan DPRD setempat," tukasnya.

Terkait sengketa PHP Kabupaten Halmahera Utara dan Kota Ternate, Pudja menjelaskan, saat ini KPU Malut masih menunggu jadwal panggilan sidang dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebagaimana dikutip dari laman resmi MK, jadwal sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) untuk dua Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara (Malut) dijadwalkan pada pekan pertama bulan Maret.

Dalam pengumuman jadwal sidang MK yang dikutip dari website resmi Mahkamah Konstitusi, sidang PHP Pilkada Halmahera Utara dijadwalkan pada hari Selasa (2/3/2021) pukul 08:00 WIB, sedangkan sidang PHP Pilkada Kota Ternate, dijadwalkan pada Kamis (4/3/2021) pukul 08:00 WIB, atau jam 10 pagi waktu di Ternate.(ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT