Home / Berita / Pendidikan

Wali Kota Ternate, Lepas 1.847 Mahasiswa Kubermas Tahap I Unkhair

02 Agustus 2021
Acara pelepasan mahasiswa Kubermas Unkhair Ternate di aula Baabullah kantor Wali Kota (foto_ongky)

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Senin (2/8/2021), secara simbolis melepas 1.847 mahasiswa Kuliah Berkarya dan Bermasyarakat (Kubermas) tahap I, Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, bertempat di aula Baabullah kantor Wali Kota Ternate.

Acara pelepasan yang dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat itu turut dihadiri, Plt Kepala Dinas Pendidikan, Bahtiar Teng, Plt Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Mohdar Din, Staf Ahli Wali Kota, Samin Marsaoly, Ketua Panitia Kubermas, Darmawati Hady perwakilan LPPM dan P2KM, para Camat serta perwakilan mahasiswa Kubermas yang ditempatkan di wilayah Kota Ternate.

Ketua Panitia Kubermas, Darmawati Hady dalam laporannya menyampaikan, pelaksamaan Kubermas tahap I Unkhair Ternate diikuti oleh 2.052 mahasiswa dari 8 fakultas, dengan sebaran 4 Kabupaten dan Kota, termasuk di Kota Ternate.

Kata dia, pada Kubermas tahun ajaran 2021/2022, dengan tema "Maju Bersama Membangun Negeri di Masa Pandemi, Dengan Inovasi dan Kolaborasi  Pemberdayaan Masyarakat Dalam Memasuki Era New Normal" Unkhair akan menempatkan 1.847 mahasisiswa Kubermas pada 6 Kacamatan di Kota Ternate, "Kecamatan Hiri, Kecanatan Ternate Utara, Kecamatan Ternate Tengah, Kecamatan Ternate Barat dan Kecamatan Ternate Selatan," terang Darmawati.

"Totalnya ada 1.847 mahasiswa disebar di Kota Ternate, dengan pola Kubermas Berkelompok dan Mandiri, kemudian diarahkan oleh dosen pembimbing lapangan pemenang hibah pengandian baik PKM Kubermas maupun PKM fakultas," tutur Darmawati dalam laporannya.
 .

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dihadapan perwakilan mahasiswa Kubermas menyampaikam apresiasi dan terima kasih kepada civitas akademika Unkhair Ternate yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dalam berbagai bidang termasuk penempatan mahasiswa Kubermas.

Menurutnya, ada 14 program unggulan Pemkot Ternate yang diharapkan mendapat dukungan dari mahasiswa Kubermas tahap I yang ditempatkan di 6 Kecamatan di wilayah Kota Ternate.

"Kita ketahui bersama, bahwa saat ini, Indonesia dilanda pandemi covid-19, tidak terkecuali di Ternate, sehingga keberadaan mahasiswa Kubermas, diharapkan bisa bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan dalam mendorong pemulihan ekonomi," kata Wali Kota.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu juga berharap, para Camat dan Lurah untuk membimbing peserta Kubermas dalam menyukseskan progran-program pemerintah, utamanya mendorong upaya pemulihan ekonomi masyarakat.

"Sesuai tema Kubermas tahun ini, saya berharap, Camat dan Lurah membantu peseeta Kubermas dalam upaya medorong UMKM agar bisa bangkit memperkuat sektor ekonomi dengan inovasi," ujar Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota juga berharap, ada sinergi antara Peeguruan Tinggi di Ternate dengan pemerintah, "tahun depan, kita akan coba melibatkan Peeguruan Tinggi yang ada di Ternate untuk berkolaborasi dalam pembangunan di Kota Ternate," tukasnya.

"Nanti pada saat Musrembang, kita libatkan Perguruan Tinggi untuk sharing gagasan termasuk program-program Kubermas atau KKN di Kota Ternate, sebagai upaya membangun Kota Ternate," terang Wali Kota.

Kata dia, mahasiswa sebagai agen perubahan, harus menjadi teladan bagi masyarakat, "apalagi Kubermas ini, mahasiswa akan bersama-sama masyarakat, sehingga diharapkan, mahasiswa yang ditempatkan di Kelurahan maupun Kecamatan harus menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat," harapnya..

Wali Kota juga meminta seluruh mahasiswa Kubermas untuk menaati protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Ternate, "saya berharap, peserta Kubermas bersama-sama pemerintah Kecamatan dan Kelurahan terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan prokes sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran viris," tutup Wali Kota.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT