Home / Berita / Pendidikan
17 Juli 2019

UT Ternate Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Sampai 7 Agustus 2019

Kampus UT Ternate

TERNATE, OT- Memasuki masa registrasi 2019.2, Universitas Terbuka (UT) Ternate membuka pendaftaran mahasiswa baru sejak januari 2019 sampai 7 Agustus 2019.

Hal ini dikarenakan UT telah menyelenggarakan sistem registrasi sepanjang tahun, sehingga mahasiswa dapat melakukan pendaftaran kapanpun. Demikan disampaikan Direktur UT Ternate, Anfas.

Menurutnya, pendaftaran mahasiswa baru oleh UT Ternate bukan hanya dilakukan di Ternate, tapi serentak di seluruh Kabupaten dan Kota di provini Maluku Utara (Malut). “Untuk Kabupaten dan Kota di luar Ternate, sudah dibentuk kelompok-kelompok belajar atau dikenal di UT dengan sebutan Pokjar, dimana tiap pokjar ada pengurusnya, sehingga calon mahasiswa dapat mendaftar ke UT melalui pengurus Pokjar,” jelasnya, Rabu (19/7/2019).

Selain ini, kata Anfas, bagi yang tidak ingin repot untuk mendaftar ke kantor UT Ternate atau melalui pengurus pokjar, mereka dapat juga mendaftar secara online di www.sia.ut.ac.id. Karena aplikasi pendaftaran online tersebut dibuka sifatnya pelayanan 24 jam, maka calon mahasiswa yang mau mendaftar bisa mendaftar dimana saja dan kapan saja.

“Pendaftaran Mahasiswa baru hanya dikenakan biaya pendaftaran Rp 100 ribu dan SPP. Untuk SPP sangat murah mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp 51 ribu per SKS. Tergantung program studi yang akan diambil oleh calon mahasiswa,” jelasnya.

Sementara dari segi kualitas, lanjt Anfas, UT tidak perlu diragukan lagi karena merupakan perguruan tinggi negeri, dimana akreditas Perguruan Tingginya B dan akreditasi program studinya sudah A dan B.

“Sistem layanan kuliahnya yang fleksibel, memungkinkan para milenial dapat kuliah sambil bekerja, sehingga mereka mendapat ilmu sekaligus mendapat pengalaman,” ungkapnya.

Anfas menambahkan, mulai semester ini UT Ternate terus berupaya mensosialisasikan UT, tidak hanya di kalangan pekerja. Namun juga di kalangan millennial, terutama yang baru tamat SLTA/sederajat/Paket C (fresh graduate).

Hal ini penting mengingat, APK Perguruan Tinggi di Maluku Utara masih 35% sehingga menandakan bahwa masih banyak lulusan SLTA yang belum kuliah. “Maka UT berupaya menawarkan ke kalangan freshgraduate tersebut alternatif strategis bagi mereka agar tidak putus sekolah. Apalagi kuliah di UT biayanya sangat murah dan kualitas terjamin,” kata Anfas.(red)


Reporter: Fauzan Azzam