Home / Berita / Pendidikan

Unkhair Ternate Jadwalkan Wisuda Tatap Muka Akhir Bulan Ini

13 Januari 2021
Gedung Rektorat Unkhair Ternate

TERNATE, OT - Civitas Akademika Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, menjadwalkan pelaksanaan wisuda secara tatap muka akan dilaksanakan akhir bulan ini.

Humas Unkhair Ternate, Suratin, mengatakan Unkhair Ternate telah menjadwalkan pelaksanaan  wisuda pada akhir Januari 2021, bertempat di aula Banau Kampus I jalan bandara Baabulah Ternate.

Menurutnya, calon peserta wisuda yang direncanakan mengikuti wisuda akhir bulan ini, adalah para mahasiswa periode Maret dan September 2020.

"Mereka ini kemarin yang menginginkan  wisuda secara konvensional tatap muka," ungkap Suratin kepada indotimur.com Rabu (13/13/2021).

Menurutnya, pelaksanaan wisuda secara konvensional atau tatap muka di Unkhair, setelah pihak kampus mendapat respon zona kuning di Maluku Utara (Malut).

"Kemudian pertemuan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) termasuk Dirjen pembelajaran, telah megizinkan kepada daerah-daerah yang melaksanakaan pembelajaran tatap muka di sekolah, termasuk di Provinsi Malut, sehingga kami dapat melaksanakan wisuda secara tatap muka," ujar Suratin

Dia menuturkan, berdasarkan data Unkhair Ternate, peserta yang tercatat mengikuti wisuda sebanyak 1.500 peserta, sehingga akan dilakukan selama tiga hari.

Suratin juga memastikan, pelaksanaan wisuda tatap muka Unkhair Ternate akan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pencegahan covid-19, "termasuk membatasi peserta wisuda, misalnya dalam satu hari ada 400 hingga 500 peserta disesuaikan dengan kapasitas ruangan," teragnya

Dia juga menegaskan, peserta wisuda juga tidak dapat didampingi orang tua saat prosesi wisuda, "jadi orangtua hanya mengantar anaknya  sampai di depan  gerbang kampus, setelah itu  petugas melakukan pemeriksaan undangan dan kelengkapan termasuk protokol covid-19," ungkapnya.

Dikatakan, panitia  tim gugus covid-19 Unkhair Ternate telah berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19 Kota Ternate dan Provinsi Malut, terkait izin pelaksanaan wisuda secara langsung yang digelar Unkahir Ternate. 

"Alhamdulilah mereka sudah megizinkan, oleh karena itu, saya memastikan wisuda kali ini tetap dilaksanakan secara tatap muka, dengan penerapan protokol covid yang ketat," katanya.

Suratin atas nama panitia wisuda mengimbau kepada seluruh calon peserta wisuda agar tetap mematuhi protokol kesehatan, "sehingga proses wisuda yang direncanakan akhir bulan ini, berjalan aman, lancar dan tertib," harapnya.

 (ded)


Reporter: Dedi Sero Sero