Home / Berita / Pendidikan
19 Juli 2019

Pemerintah Rencana Tingkatkan Status Univeristas Terbuka Jadi PTN-BH

Kampus UT (Foto:UT)

TERNATE, OT- Pemerintah pusat melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mrencanakan akan mengubah status Universitas Terbukka (UT) dari Badan Layanan Umum (BLU) ke Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), usai temu wicara dengan mahasiswa UT Ternate, Kamis (18/7/2019). “Manajemen UT  sudah dipanggil oleh kementerian dan menyampaikan bahwa kemungkinan UT bisa diubah statusnya dari BLU ke PTN-BH,” kata rektor pada indotimur.com.

Menurutnya, kementerian mengiginkan agar UT kedepan semakin baik, bagus dan harus memenuhi kapasitas yang bisa membantu pemerintah melakukan peran-peran strategis dalam rangka meningkatkan angka partisipsai kasar (APK).

Untuk itu, kata Ojat Darojat, kemungkinkah status UT sekarang bisa meningkat ke klasifikasi PTN-BH, namun  untuk melangkah ke arah sana harus melakukan pemetaan secara hati-hati dan cermat, agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

“Kita sangat bersyukur karena ini adalah suatu anugerah yang disampaikan oleh kementerian kepada UT, agar UT bekerjasa lebih keras lagi kedepan dalam rangka mensukseskan program-program pemerintahan,” ujarnya.

DIkatakannya, ini adalah salah satu upaya yang bagus pemerintah dalam rangka menguatkan UT sebagai satu-satunya PTN di tanah air yang selama ini mengimplementasikan system kuliah jarak jauh serta sebagai PT yang menerapkan teknologi informasi dan komuniksi.

UT saat ini telah berevolusi dari sebuah PT tradisional menjadi PT jarak jauh yang modern. “Maka UT sangat mengiginkan kedepan untuk didorong menjadi sebuah PTN-BH,” jelas rektor.

“Ini perkembangan yang luar biasa, jika UT diberikan kepercayaan dan amanh untuk menjadi sebuah PTN-BH,” tutupnya. (red)


Reporter: Fauzan Azzam