Home / Berita / Pendidikan

Ketua DPRD Kota Ternate Sebut Orientasi Jadi Kepsek Karena Mengejar Dana BOS

20 Juni 2022
Muhajirin Bailussy

TERNATE, OT - Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailussy menyebutkan sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) yang ingin mempertahankan jabatan karena orientasi mengejar dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Menurut Muhajirin, praktek penyalahgunaan dana BOS di sekolah  kebanyakan terjadi di SD bahkan sebagian di SMP.

"Tentu praktek seperti ini cukup lama dan kalau konflik di sekolah ada yang suka Kepsek dan ada yang tidak suka Kepsek," katanya.

"Jadi orientasi menjadi Kepsek karena BOS, di sana bahkan mereka ingin jabat Kepsek sampai pensiun di sekolah tersebut, karena bukan orientasi memajukan mutu pendidikan tapi kejar dana BOS," kata Muhajirin kepada indotimur.com .

Muhajirin menambahkan, ada sekolah yang tidak melibatkan bendahara pada saat pencairan dana BOS.

"Saya tahu praktek ini karena dulu pernah manjabat Ketua Komisi III DPRD Kota Ternate," tegasnya.

Ketua DPC PKB Kota Ternate ini mengaku, dirinya tahu terkait praktek dana BOS di sekolah dan ini berantai mungkin dananya besar jadi mereka rasa aman, nyaman.

"Praktek tersebut bersumber dari rumah besar Maliaro ujung di sana (kantor Dinas Pendidikan)," sebut Muhajirin.

Dia bahkan meminta Wali Kota untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap para pejabat di lingkup Dinas Pendidikan.

"Kalau mau jujur seandainya saya Wali Kota kemudian bicara peningkatan mutu pendidikan, maka orang-orang di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate akan diganti semua," tegasnya.

"Saya akan tanya mau urus mutu pendidikan atau tidak, kalau berkeinginan mengurus mutu pendidikan maka mari kita sama-sama," tegas Muhajirin mengakhiri.(ded)


Reporter: Dedi Sero Sero
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT