Home / Berita / Pendidikan

Ilmu Sejarah Unkhair Jalin Kerjasama dengan BPCB Maluku Utara

05 Agustus 2022

TERNATE, OT - Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unkhair menjalin kerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Maluku Utara.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama (MoU) antara FIB Unkhair Ternate dengan BPCB Malut di kantor BPCB Kelurahan Jambula. 

Ruang lingkup program kerjasama ini meliputi kegiatan penyelenggaraan penelitian di bidang sejarah dan budaya, penyelenggaraan kegiatan seminar, pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejenisnya dalam bidang sejarah, arkeologi dan budaya.

Ketua program studi Ilmu Sejarah Unkhair Jainul Yusup, mengatakan, sejauh ini, pihaknya telah memakai tenaga pegawai BPCB untuk mengajar di Ilmu Sejarah Unkhair.

"Ini sudah berjalan setahun, penulisan buku dan jurnal sejarah, arkeologi dan budaya Maluku Utara, dimana saling mengisi," kata Jainul, Jumat (5/8/2022).

Menurutnya, program studi Ilmu Sejarah Unkhair memiliki Jurnal Pusaka, dan BPCB juga memiliki jurnal Kora-kora, "sehingga dosen Ilmu Sejarah Unkhair  bisa menulis di jurnal kora kora, dan pegawai BPCB bisa menulis di jurnal Pusaka Unkhair," katanya.

.

Jainul menjelaskan, pihaknya juga saling menawarkan untuk menulis bersama antara dosen Ilmu Sejarah Unkhair dan pegawai BPCB, "Buku bunga rampai Sejarah Maluku Utara", "setelah diterbitkan akan launching dan bedah buku tersebut, terbitan buku ini kerjasama antara BPCB dengan Unkhair," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Jainul, pada awal tahun depan, mahasiswa Ilmu Sejarah, akan magang di kantor BPCB selama 6 bulan, sebagai bagian dari implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sementara itu, Kepala BPCB Muhammad Husni, menyambut baik kerja sama dengan Prodi Ilmu Sejarah FIB Unkhair.

Dia mengaku, kerjasama ini sudah lama terjalin, dimana BPCB sering mengajak dosen Ilmu Sejarah FIB Unkhair untuk riset sejarah dan arkeologi di Maluku Utara.

"Selain riset juga sering menjadi narasumber pada kegiatan baik lokal maupun kegiatan nasional yang digagas oleh BPCB maupun dari kementerian pendidikan," kata Husni.

Dia juga mengatakan, dosen ilmu Sejarah Unkhair banyak bermitra dengan BPCB, hanya saja kerja dengan Program Studi Ilmu Sejarah yang baru terlaksana hari ini, "semoga ke depan lebih banyak lagi sesuatu yang dihasilkan dan bermanfaat serta berguna untuk keumatan di negeri ini, baik dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," harapnya.

.

Sementara dalam kunjungan kegiatan ini selain Ketua progam studi Ilmu Sejarah Unkhair Jainul Yusup, ada juga dosen Ilmu Sejarah diantaranya Dr.Nurachman Iriyanto, Mustafa Mansur, Junaib Umar,dan Dwi Sumaiyah Makmur.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT