Home / Berita / Pendidikan

Fakultas Hukum Unkhair Ternate Gelar Seminar Nasional

23 Juni 2021

TERNATE, OT - Fakultas hukum Universitas Khairun (Unkhair) Ternate menggelar seminar nasional dengan tajuk  ‘Menangkal Radikalisme Dalam Upaya  Menjaga Keutuhan Bangsa dan Negara Melalui Pendekatan Kearifan Lokal’’ bertempat di Aula Nuku Gedung Rektorat lantai.4  Universitas Khairun Kampus II Gambesi.

Seminar tersebut, menghadirkan narasumber  guru besar Universitas UIN Allauddin Makassar Prof.Dr. Siti Aisyah Kara, Dosen Universitas Indonesia, Heru Susetyo, Ketua MUI Kota Ternate, Usman Muhammad,, Sekretaris Forum Koordinasi  Pencegahan Terorisme (FKPT) Hidayatullah Salam Sehan dan Lingkar Perdamaian, Ali Fauji.

Kegiatan ini turut dihadiri Warek III Dr.Syawal Abdul Ajid, para Dekan dan wakil Dekan, dosen, FKPT dan sejumlah mahasiswa Unkhair dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Seminar dibuka dengan resmi oleh Dekan Fakultas Hukum Unkhair Ternate Jamal Hi.Arsad.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Unlhair Ternate, Jamal Hi Arsad, mengatakan,  kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan  pemahaman kepada mahasiswa/mahasiswi terkait bahaya terorisne di tanah air.

'Mahasiswa harus paham betul dalam bidang radikalisme  sebagaimana bisa pertahankan Pancasila," kata Jamal.

Foto bersama

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan  pemaparkan materi dari masing-masing narasumber, diantaranya, Mencegah Radikalisme Melalui Pendekatan Sosial Budaya oleh Heru Susetyo.

Menangkal Radikalisme melalui Pendekatan Islam oleh Usman Muhammad, Nilai-Nilai Kearifan Lokal Maloko Kie Raha  oleh Hidayatusalam Sehan .Salah serta materi Menangkal Radikalisme Menjaga keutuhan  Bangsa  dan Negara Berbasis Kearifan Lokal (Analisiss Gender)  oleh Prof. Dr. Siti Aisyah Kara.

Materi kemudian ditutup  dengan judul Pola Perekrutan kelompok Teror di Indonesia dulu dan sekarang Serta Upaya Penanganan yang disampaikan oleh Ali Fauji.

Kelima tema tersebut bermuara pada bagaimana menangkal radikalisme melalui pendekatan kearifan lokal.

 (mg_ummu)


Reporter: Magang

BERITA TERKAIT