Home / Berita / Pendidikan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Ternate Gelar Kegiatan Lomba Bertutur Tingkat SD

29 Juni 2022
Kadis Perpustakaan dan Kearsiapan Daerah Kota Ternate Serahkan Hadia Pada Peserta Pemenang Lomba Bertutur Tingkat SD

TERNATE, OT - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Ternate, melaksanakan kegiatan lomba bertutur bagi siswa-siswi  Sekolah Dasar (SD) Madrasah Ibtidayah (MI) Tingkat Kota Ternate.

Ketua tim juri Nurlaela Syarif mengatakan, kegiatan lomba bertutur bagi siswa-siswi SD Madrasah Ibtidayah (MI) Tingkat Kota Ternate, diikuti 42 peserta baik tingkat SD maupun Madrasah Ibtidayah.

"Kegiatan ini dijadwalkan selama dua hari, untuk  pembukaan kegiatan sudah dilakukan kemarin, hari ini dilanjutkan dengan acara penutupan sekaligus mengumumkan nama peserta pemenag pada lomba tersebut," ujar Nurlaela kepada indotimur.com Rabu (29/6/2022).

Politisi NasDem ini mengatakan, berdasarkan hasil  tim juri yang telah melaksanakan tugas penilaian sesuai surat keputusan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Ternate. Nomor: 04 1/234/ 2022,  tentang penetapan dewan juri  pada lomba bertutur bagi siswa-siswi SD Madrasah Ibtidayah tingkat Kota Ternate.

Berikut nama pemenag pada lombat tersebut, yaitu untuk juara 1 total nilai  2.689 SD Negeri 85 Kota Ternate Qurrota Ayun Yusif, juara 2 total nilai 2.665 SD Negeri 44 Kota Ternate Jamaluddin, juara 3 total nilai 2.661 SD Negeri 08 Kota Ternate Asifa Priscilla Irfan.

"Selanjutnya juara harapan 1 total nilai 2.620 SD Negeri 16 Kota Ternate, Kalilah Mutmaina, harapan 2 total nilai 2.619 SD Negeri 44 Kota Ternate Siti Nir Sifa, harapan 3 total nilai   2.529 SD Negeri 01 Kota Ternate Najla Hidayatul Husna. Juara faforit Kayla Nur Syamsi,  SD Negeri 8 Kisah Tujuh Putri," kata Nurlaela.

Lanjut Nurlaela, setelah kegiatam ini, tiga pemenang akan mewakili Kota Ternate pada lomba di tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut). "Kami berharap di tahun 2022 ini Kota Ternate unggul pada lomba tingkat Provinsi Malut karena kegiatan tersebut, tidak dilombakan lagi ke tingkat nasional," sebutnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Ternate Safia M. Nur, dalam sambutannya saat menutup kegiatan menyampaikan, lomba ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan dan pembudayaan kegemaran membaca dan menulis di kalangan anak.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca melalui kegiatan variatif.

"Selain itu, meningkatkan kreatifitas mengelolah dan menyampaikan informasi menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita, budaya daerah serta menumbuhkan kecintaan akan budaya khusunya budaya lokal," ujar Safia.

Mantan Sekwan Kota Ternate itu menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi terhadap kebudayaan kegemaran membaca melalui jalur sekolah tingkat awal. Dengan membawakan cerita rakyat daerah diharapkan siswa-siswi lebih mengenal dan mencintai budaya daerahnya.

"Serta lebih luas lagi menanamkan cinta akan kebudayaan bangsa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme, selain itu pelaksanaan lomba ini akan ditindak lanjuti tingkat Provinsi Malut. Maka diharapkan pada anak-anak didik sebagai peserta lomba bertutur yang menjadi duta dari sekolah masing-masing, sehingga manfatkaan kesempatan sebaik mungkin," harap Safia.

 (ded)


Reporter: Dedi Sero Sero
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT