Home / Nusantara

Sakit, Seorang Napi Meninggal di Dalam Lapas Kelas IIA Ternate

05 Januari 2021
Petugas Lapas kelas IIA Ternate saat menyerahkan surat kematian ke keluarga almarhum (foto_ist)

TERNATE,  OT  - Seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau Narapidana (Napi) meninggal dunia di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ternate, Maluku Utara, Selasa (5/1/2021).

"Iya benar ada satu Narapidana di Lapas kelas IIA Ternate meninggal sekitar pukul 13.10 WIT karena sakit," kata Kepala Lapas (Kalapas) kelas IIA Ternate, Maman Herwaman kepada indotimur.com via telepon.

Menurutnya, almarhum ini atas nama WB alias Hasan (60) dengan perkara UU perlindungan anak yang dituntut selama 9 tahun penjara.

Maman mengaku, dugaan sementara yang diterima, almarhum meninggal berdasarkan riwayat medis adalah sesak napas dan asam urat karena berdasarkan pemeriksaan riwayat pengobatan di Lapas,.

“Almarhum inikan tidak dalam keadaan sakit, terlihat biasa dan sehat. Namun tiba-tiba saja teman sekamar dengan almarhum mendengar almarhum ini tidur tak wajar, sehingga temanya melaporkan ke petugas tapi almarhum sudah dalam keadaan meninggal maka langsung dilakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Kalapas mengaku, almarhum ini sudah menjalani masa tahanan sejak tahun 2018 hingga sekarang, dan masa tahanannya berakhirnya di tahun 2025. Atas kejadian ini jenazah almarhum sekarang sudah dibawah ke rumah duka yang ada di Kelurahan Kalumata. 

"Kami juga sudah bertemu dengan keluarganya untuk menyampaikan masalah ini, dan petugas kami juga sudah stay di rumah duka almarhum di Kelurahan Kalumata," pungkasnya.

(ran)


Reporter: Randy Basri