Home / Berita / Nasional
01 April 2020

UPDATE Covid-19 di Malut, Kasus ODP Meningkat Menjadi 333 Orang

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara (Tengah) bersama Kadis Kesehatan Provinsi (Kiri) dan Juru Bicara Pemprov Malut (Kanan)

TERNATE, OT- Penularan Corona Virus (Covid-19) di Provinsi Maluku Utara (Malut), setiap hari mengalami peningkatan, khususnya terhadap status Orang Dalam pemantauan (ODP).

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Malut, Rabu (1/4/2020), jumlah pasien ODP bertambah menjadi 333 dari hari sebelumnya hanya 288 orang atau meningkat 45 orang. Sedangkan Orang Tanpa Gejala (OTG) 38 atau tidak mengalami peningkatan dari hari sebelumnya.

Hal yang sama juga, di jumlah PDP yang tidak mengalami penningkatan yakni 9 orang, sementara positif 1 orang dan negatif 2 orang. Untuk positif dan negatif belum mengalami peningkatan karena hasil pemeriksaan laboratorium untuk 9 orang PDP belum keluar di Kemenkes.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr Rosita Alkatiri menyampaikan, untuk kasus ODP Covid-19  terus bertambah. Berdasarkan data hingga Rabu  (1/4/2020) total ODP sebanyak 333 orang. Dari jumlah itu, 321 orang masih dalam proses pemantauan sedangkan 12 orang selesai pemantauan.

“Sebayak 12 OPD sudah melewati masa pemantauan, sehingga harus dikeluarkan dari daftar OPD dan ada yang baru memulai masa pemantauan,” jelasnya. 

Selanjutnya, untuk PDP sebanyak 9 orang atau tidak ada peningkatan dan semuanya masih dalam pemantauan.  Sementara jumlah PDP yang telah dillakukan pemeriksaan sepsis sebanyak 3 orang dan hasilnya, dua orang negatif dan 1 orang positif. Sedangkan dalam proses pemeriksaan 6 orang.

“PDP yang sementara menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Chasan Boesorie sebanyak 7 orang, dua orang lainnya di rawat di RSUD Tobelo. Semuanya alhamdulillah dalam kondisi baik, termasuk yang positif covid-19,” ujar dr Rosita.

Untuk OTG, lanjut Rosita, 38 orang atau tidak mengalami peningkatan, status kasus terkonfirmasi  positif covid-19 sebanyak 1 orang (tidak mengalami peningkatan)(glenipi)


Reporter: Zulkifli A. Yusuf