Home / Berita / Nasional
15 Oktober 2020

Pengurus IPKN Malut Resmi Dilantik

Suasana pelantikan (foto_randi)

TERNATE,  OT - Dewan Pengurus Nasional Institut Pemeriksa Keuangan Negara (DPN-IPKN) Kamis (15/10/2020) secara resmi melantik Pengurus Wilayah Institut Pemeriksaan Keuangan Negara (PW-IPKN) Provinsi Maluku Utara.

Pelantikan ini dikukuhkan secara virtual oleh Ketua Umum DPN IPKN, Dr. Bahrullah Akbar terhadap pengurus wilayah yang meliputi IPKN wilayah timur, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat periode 2020-2023.

Pelantikan yang dirangkai dengan pengukuhan PW-IPKN Maluku Utara, dipusatkan di auditorium BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara, jalan Jati Lurus Kelurahan Jati Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Maluku Utara, Hermanto, CSFA yang diangkat sebagai Ketua IPKN wilayah Maluku Utara, dalam keteranganya menyampaikan, dengan dilantiknya pengurus IPKN wilayah Maluku Utara, diharapkan dapat mengembangkan profesi pemeriksa keuangan negara dan membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-wilayah Provinsi Maluku Utara untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara daerah. 

Kata dia, IPKN sendiri merupakan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara yang telah diresmikan di Jakarta pada tanggal 20 Februari 2020. 

Organisasi ini diinisiasi oleh BPK RI selaku instansi pembina jabatan fungsional pemeriksa keuangan negara, dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara. 

"Oleh karena itu di wilayah Maluku Utara sendiri hari tadi sudah dilantik baik dari pimpinan dan pejabat BPKP Provinsi Maluku Utara, para pejabat di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara," katanya.

Selain itu, akademisi, Inspektur Provinsi Maluku Utara dan anggota IAI Maluku Utara juga terlibat dalam kepengurusan PW-IPKN Maluku Utara.

"Dari unsur akademisi, Dr. Husen Alting rektor Universitas Khairun, Dr. Rusman Soleman, Ketua IAI wilayah Provinsi Maluku Utara, Dr Nam Rumkel Kaprodi Magister llmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Khairun, Johan Fahri, dosen Universitas Khairun serta Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Aryanto Wibowo," ungkap Hermanto.

Dia berharap, PW-IPKN Malut siap bekerja sesuai amanah dari Dewan Pengurus Nasional Institut Pemeriksa Keuangan Negara. "Kami akan siap untuk melaksanakan program kerja IPKN wilayah Maluku Utara," pungkasnya. (ran)


Reporter: Randy Basri