Home / Berita / Nasional
14 Januari 2020

Kapolri Dan Panglima TNI, Dijadwalkan Kunjunggi Pulau Morotai Kamis Besok

Kapolri Jenderal Idham Aziz (foto_istimewa)

TERNATE, OT - Kepala Kepolisian Negara Republik  Indonesia Jenderal Idham Aziz bersama Panglima Tentara Nasional Indonesia (Panglima TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dijadwalkan akan tiba di pulau Morotai Provinsi Maluku Utara (Malut) pada Kamis (16/1/2020) besok.

Kedatangan dua petinggi militer di wilayah hukum Maluku Utara, rencananya skan disambut langsung oleh Kapolda Malut, Brigjen (Pol) Suroto dan Komandan Korem 152/Babullah Ternate, Kolonel Inf Endro Satoto beserta unsur forkompinda Maluku Utara.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Maluku Utara, AKBP Adip Rojikan kepada indotimur.com membenarkan kedatangan kedua Jenderal di Maluku Utara pada Kamis pekan ini.

"Iya betul pak Kapolri dan Panglima TNI akan berkunjung ke pulau Morotai," kata Kabid.

Menurut Kabid, sesuai scedule Kapolri dan Panglima TNI dari Sulawesi Selatan (Sulsel) akan langsung melakukan kunjungan kerja (kuker) ke pulau Morotai dan Ambon.

Kuker kedua petinggi Polri dan TNI ke pulau Morotai, untuk mengecek teritorial wilayah terluar di Maluku Utara dalam keadaan aman.

Dalam kunjungan tersebut, lanjut Adip, pihaknya bersama TNI akan melakukan pengamanan, "sistem keamanan sendiri, Polda akan libatkan anggota Brimob anggota TNI dan sejumlah anggota Kepolisian Resort (Polres) Halmahera Utara (Halut) untuk sama-sama melakukan pengamanan di lapangan," ujar Adip seraya menyebut, pihaknya sedang berkoordinasi dengan stakeholder aetempat untuk membahas kunjungan tersebut.

"Untuk pembahasan selanjutnya, kami belum tahu," pungkasnya. 

Sementara itu, Kabag Protokoler Pemkab Morotai, Abul Karim kepada indotimur.com, melalui telepon selularnya membenarkan rencana kedatangan Kapolri dan Panglima TNI ke Morotai.

"Kapolri dan Panglima TNI dijadwalkan tiba di Morotai pada hari Kamis tanggal 16 Januari 2020, pukul 11.55 WIT," kata Abdul Karim.

Pemkab Morotai kata dia, sudah melakukan persiapan terkait kedatangan dua petinggi itu, "kita sudah melakukam rapat koordinasi dengan Forkompimda Morotai dan Provinsi," ujarnya.

Bersasarkan jadwal tentative Kapolri dan Panglima TNI selama berada di Morotai, Abdul Karim menjelaskan, rombongan akan mengunjungi Lanud Morotai dan 0eninjauan wilayah Army Dock, Mako Polres serta kawasan SKPT.

"Rombongan akan mengunjungi Lanud Leo Watimena  untuk.memberikan pengarahan kepada seluruh anggota prajurit TNI dan Polri di wilayah Maluku Utara untuk mendengar paparan Panglima TNI.dan Kapolri, kemudian dilanjutkan peninjauan kawasan Army Dock, wilayah Polres dan SKPT untuk melihat Tuna Procecing," jelas Abdul Karim sembari menyebut, jadwal tersebut masih bersifat tentative atau sementara. (ran)


Reporter: Randy Basri