Home / Berita / Nasional

Dishub Kota Ternate Diminta Tertibkan Parkir Liar di Depan Pasar Barito

03 Agustus 2021

TERNATE, OT - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, diminta segera menertibkan parkir liar pada sejumlah kawasan di Kota Ternate.

Salah satu kawasan parkir liar yang dikeluhkan warga, berada di depan pasar Barito dskat jembatan atau disampimg kanan rusunawa.

Warga menilai, parkir yang dikelola sejumlah pemuda itu ilegal sebab tidak disertai karcis retribusi.

Selain itu, pemuda yang melakukan penagihan kerap bertindak kasar sehingga berujung pada salah pahan antara pengunjung demgan para pemuda di kawasan tersebut.

Salah satu pedagang yang berada di dekat kawasan parkir liar mengaku, akticitas penagihan retribusi parkir dikelola oleh sejumlah pemuda setempat.

Dia mengaku tidak memgetahui persis status parkiran yang dikelola sejumlah pemuda, sebab sejauh ini, pedagang yang enggan namanya disebut, tidak pernah melihat pemuda-pemuda trrsebut menggunakan seragam layaknya petugas Dishub.

"Selain itu, mereka (pemuda) tidak pernah memberikan karcis parkir pada setiap orang yang memarkir kendaraan di depan pasar Barito," ungkapnya.

Pedagang tersebut juga mengaku penah melihat salah satu pengendara motor sempat bersitegang dengan pemuda-pemuda yang mengelola parkir ilegal teraebut.

Sementara itu, Sekretaris Disbub Kota Ternate, Fachrudin Ginting saat dikonfirmasi mengaku, kawasan tersebut tidak diperuntukan sebagai lahan parkir, "kan ada tanda larangan parkir, maka tempat itu memang bukan kawasan parkir," ungkap Fachrudin.

Dia mengaku telah menyampaikan teguran terjadap aktifitas para pemuda yang melakukan penagihan, namun setelah petugas berlalu, aktifitas penagihan kembali dilakukan.

Fahrudin menyatakan, dalam waktu dekay, Dishub akan memanggil koordinator pemuda di kawasan tersebut untuk membicarakan masalah ini, "nanti kita buat pendekatan, kita ajak mereka untuk bersama-sama Dishub mengelola parkir di tempay atau lokasi-lokasi yang telah ditentukan," tutupnya.

 (mg_Mahasiswa)


Reporter: Magang
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT