Home / Berita / Nasional

BPJS Kesehatan Ternate Dukung Layanan Vaksinasi Covid-19

22 Februari 2021
Gubernur Provinsi Malut Resmi Membuka Vaksinasi di Rumah Sakit Umum Sofifi

SOFIFI, OT - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) mengelar kegiatan pencanangan vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Sofifi.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ternate, Rinaldi Wibisono, mengatakan  BPJS Kesehatan mendukung pelaksanaan vaksinasi covid-19 di wilayah Provinsi Malut.

“Kami akan memastikan aplikasi P-Care vaksinasi dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan kemudahan saat pelayanan vaksinasi,” ujar Rinaldi.

Menurutnya, aplikasi P-Care vaksinasi akan mendukung proses registrasi sasaran penerima vaksin, screening status kesehatan serta mencatat dan melaporkan hasil pelayanan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh petugas.

“BPJS Kesehatan telah melakukan sosialisasi P-Care vaksinasi bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota di wilayah Maluku Utara,” ujar Rinaldi.

Lanjutnya, sesuai dengan strategi yang ditetapkan Pemerintah, pelaksanaan program vaksinasi covid-19 dikelola secara elektronik melalui sistem informasi satu data vaksinasi covid-19.

"P-Care vaksinasi yang digunakan sebagai pencatatan dan pelaporan di FKTP pada saat pelayanan vaksinasi Covid-19 telah diintegrasikan dengan Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19,"jelas Rinaldi

Terpisah,Gubernur Provinsi  Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan vaksinasi covid-19.

Dia mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi didahului dengan pemberian vaksin kepada 10 tokoh serta unsur pejabat publik yang memenuhi kriteria dan akan dilanjutkan pemberian vaksin kepada 9.317 tenaga medis di Maluku Utara.

“Pemerintah melaksanakan vaksinasi ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19 yang telah melanda lebih dari satu tahun ini,” ucap Abdul Gani.

Dia menambahkan, berdasarkan surat Dirjen P2P Kemenkes nomor: SR/02.03/II/80/2021 tentang distribusi vaksin dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, untuk tahap kedua akan dilaksanakan bulan Februari sampai dengan Maret 2021.

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Malut itu berharap, semua elemen masyarakat dapat bersinergi mendukung vaksinasi Covid-19 untuk tahap selanjutnya.

Menurutnya, dengan adanya dukungan tersebut, kegiatan vaksinasi dapat berjalan dengan baik dan pandemi Covid-19 dapat segera berakhir," harapanya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara ini juga dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkungan Maluku Utara.

 (ded)


Reporter: Dedi Sero Sero
Editor: Ibenk