Home / Indomalut / Morotai
22 Mei 2019

Kepala DPMD Pulau Morotai : Tindakan Sekdes Bere-bere Kecil Salah dan Akan Diproses

Sekdes saat memukul dua warganya yang diduga selingkuh

DARUBA, OT – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Pulau Morotai, Alexander Wermasubun, meniai tindakan Skedes Bere-Bere Kecil Kecamatan Morotai Jaya, salah.  

Menurut Alexander, dirinya mengaku kaget disaat melihat video tindakan brutal yang dilakukan Sekdes dan perangkatnya, karena Sekdes bukan  menyelesaikan masalah tapi menamba masalah.

"Tindakan Sekdes dan perangkatnya sangat kurang ajar, mereka ini menyelesaikan masalah tapi bahkan membuat masalah baru dan memanfaatkan jabatan serta kewenangan sebagai Pemerintah," tegas Alexander, kepada wartawan, Rabu (22/05/2019).

Dikatakannya, jika benar ada warga terlibat kasus perselingkuhan maka ada pasal dalam UU yang telah diatur dan ranahnya adaah aparat keamanan, sementara Pemdes hanya pada posisi mengayomi dan menindak lanjuti kasus tersebut bukan Pemdes yang mengambil keputusan main hakim sendiri.

"Biarpun masalah itu sudah diselesaikan di desa dengan kesepakatan atau hukum adat, tapi tidak dapat merubah hukum yang berlaku. Untuk itu, Pemdes harus bertanggung Jawab masala ini di depan hukum," tegas Alexander.

Ia menambahkan, Kamis besok Sekdesa dan perangkatnya akan dipanggil untuk diproses lebih lanjut.(hiz)


Reporter: Hizbullah Ode