Home / Advertorial / Kotaku
21 April 2019

Tahun Ini, Kawasan Makassar Timur Ditata

Rencana penataan kawasan Makassar Timur

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkim) Kota Ternate, sejak Jumat pekan lalu, mulai melakukan penertiban di kawasan Makassar Timur.

Penertiban di kawasan Makassar Timur, dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota tentang 17 kawasan yang masuk dalam penanganan kawasan kumuh delenasi dari program KotaKu.

Kepala Disperkim, Kota Ternate, H Rizal Marsaoly, kepada sejumlah wartawan termasuk indotimur.com, belum lama ini, menjelaskan, penataan kawasan ini, telah direncanakan sejak 2017, "dan tahun ini, kami berkoordinasi lebih intens dengan Satker Penyediaan Perumahan kemudian tim leader KotaKu bersama warga di kawasan Makassar Timur.

"Alhamdulillah, kami mulai melakukan penertiban terhadap bangunan-bangunan di sisi barat jalan raya, dalam rangka penataan kawasan Makassar Timur," kata Rizal.

Kata dia, penertiban yang dilakukan turut didukung oleh warga sekitar, "kami melakukan sosialisasi terlebih dahulu, kemudian rapat pemantapan yang dipimpin oleh Sekda Kota Ternate. Warga bahkan telah menandatangani diatas materai sebagai wujud dukungan dan persetujuan penataaan kawasan ini," tukas Rizal.

Menurutnya, ada lebih dari 40 bangunan yang akan ditertibkan, "proses penataan ini, dilakuan untuk masyarakat di Makassar Timur, kita hanya ingin, kawasan ini, menjadi lebih baik lagi," ujar Rizal seraya menyebut, untuk sementara, para pedagang di kawasan Makassar Timur akan direlokasi ke sisi timur, dengan fasilitas tenda.

Dia menambahkan, aesuai master pland, kanal air di kawasan Makassar Timur yang selama ini terkesan kumuh, akan dinormalisasi dengan membangun ruang terbuka atau open space.

"Sebagaimana yang disepakati, kawasan di Makassar Timur ini akan ditata aehingga menjasi lebib bersih, lebih indah dan tertata, kanal yang selama ini terkesan kumuh, akan dinormalisaai, akan dibuat ruang terbuka, sehingga diharapkan, lawasan ini menjadi ruang terbuka yang bersih, menarik dan indah," pungkasnya.(thy)


Reporter: Ibenk