Home / Advertorial / Kotaku

Tahap Pertama Penataan Kawasan Kumuh Makassar Timur Ditargetkan Selesai Oktober Tahun Ini

06 Februari 2021
Gambar Master Plening Kawasan Makassar Timur (foto_ist)

TERNATE OT - Pelaksanaan pekerjaan penataan kawasan kumuh Makassar Timur tahap pertama, oleh Pemetintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman (Disperkim) rencananya akan dimulai awal bulan depan, dengan estimasi pekerjaan selama 7 (tujuh) bulan.

Kepala Dinas Perkim, Kota Ternate, Nuryadin Rahman mengatakan pekerjaan tahap pertama penataan kawasan kumuh akan difokuskan di titik timur dengan luas lahan sebesar 2 hektar.

Pekerjaan ini, kata dia dijadwalkan seleaai.pada bulan Oktober tahun ini, "dipastikan terselesaikan di tahun ini dengan masa kerja selama tujuh bulan," ungkap Nuryadin yang akrab disapa NR.

Menurutnya, pelaksanaan pekerjaan fokus pada pembuatan anjungan, perlebaran jalan, penataan permukiman dan pembuatan dreinase di kawasan seluas 2 hektar tersebut.

"Jika tahap pertama ini, bisa teralisasikan barulah kita lanjutkan hingga area di sekitar kawasan Makassar Timur hingga menuju ke Dodoku Ali di tahun 2022," ungkap NR.

Soal.relokasi PKL pada pekerjaan tahap pertama, NR memastikan, relokasi tersebut hanya bersifat sementara, "setelah pekerjaan anjungan selesai, maka PKL akan ditempatkan di anjungan, jadi relokasi ini bersifat sementara," tukasnya.

Dia berharap, dengan support anggaran dari Pemetintah pusat senilai Rp, 38 miliar, pekerjaan kegiatan penataan kawasan Makassar Timur tahap pertama juga mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk masyarakat adat dan peramgkat adat Kesultanan Ternate.

"Harapan kami, dengan APBN yang diberikan Perpus sebesar Rp, 38 miliar ini, untuk tahap pertama pelaksanaan bisa mendapatkan sinergitas dari berbagai unsur," pungkasnya.(ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT