Home / Advertorial / Kotaku
15 April 2019

Perkim Bakal Menata Kawasan Danau Laguna Untuk Pengoprasian SPAM

Kepala Dinas Perkim Kota Ternate H Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Ternate, berencana melakukan penataan kawasan Danau Laguna di Ngade untuk pengoprasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di wilayah Kota Ternate.

Kepala Dinas Perkim Kota Ternate, H Rizal Marsaoly mengatakan pihaknya akan mempertahankan kawasan dengan pembebasan lahan yang ada di Danau Laguna agar pengoperasian SPAM dapat terjaga dan keberedaan air Danau Laguna berada pada posisi yang baik.

"Agar SPAM itu dengan kondisi yang tetap stabil maka Perkim akan lebih fokus mempertahankan kawasan dengan pembebasan lahan yang ada di Danau Laguna, untuk itu akan berkoordinasi dengan Tata Ruang Dinas PU untuk melihat pada zona yang ada agar tidak lagi bangunan warga yang masuk di area seputaran Danau Laguna," kata Rizal.

Untuk itu, kata dia, Perkim akan berkoordinasi dengan Dinas PU Kota Ternate untuk membatasi bangunan dengan penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang merupakan salah satu instrumen untuk mengendalikan kawasan dengan Dinas PU Tata Ruang agar tidak lagi memberikan IMB lagi dengan waktu yang panjang.

Mantan sekretaris Bappeda itu menambahkan, di wilayah sekitar Danau Laguna akan diupayakan secepanya untuk pembebasan lahan guna melancarkan proses SPAM.

"Nanti dengan mengunakan anggaran tahun depan, tetapi PU harus sudah menerbitkan IMB di area sekitar Danau Laguna karena ini merupakan kepentingan masyarakat banyak juga dari pengoprasian SPAM ini," tutup Rizal. (red)


Reporter: Randy Basri