Home / Advertorial / Kotaku

Pemkot Minta Bantuan BWS Tangani Banjir di Ternate

24 Juni 2021
Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman

TERNATE, OT -Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate diminta untuk segera membangun koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS), untuk menanggulangi banjir yang kerap terjadi pada sejumlah wilayaj di Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman saat memberikan keterangan menyampaikan, Pemkot melalui Dinas PUPR diminta membangun koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk membantu melakukan normalisasi sejumlah kawasan yang kerap banjir saat hujan melanda wilayah Kota Ternate.

Kata dia, Pemkot Ternate meminta BWS untuk membantu Pemkot mengangkut material yang menumpuk pada beberapa kali mati di Kota Ternate.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate meminta penanganan khusus di wilayah Akehuda dan Kelurahan Dufa-dufa afau di sekitar gedung SKB.

"Kita tidak memiliki kemampuan akibat terhambatnya peralatan, saya meminta PUPR untuk koordinasi dengan BWS agar membantu melakukan pengerukan sedimen di cekdam (tanggul penahan air),” ujar Wali Kota.

Dikatakannya, drainase yang ada dua Kelurahan itu cukup besar dan mengaliri sekitar pemukiman warga, sehingga berpotensi menyebabkan genangan air di pemukiman.

Selain di kawasan Ternate Utara, lanjut Wali Kota, pemerintah juga berkonsentrasi di wilayah selatan, yang kerap banjir jika hujan lebat.

"Untuk bagian selatan yang kerap banjir saat hujan disebabkan sendimen di drainase yang penuh akibat sampah dan pasir, sehingga itu akan ditangani secara manual.

“Kalau kita bisa tangani secara manual maka akan ditangani secara manual, namun koordinasi dengan BWS tetap kita dilakukan,” ungkapnya.

Wali Kota bahkan mengaku, telah berulang kali meminta Dinas PUPR agar segera membangun koordinasi dengan BWS untuk menangani persoalan ini.

“Saya sudah sampaikan kemarin, saat rapat seluruh OPD, bahkan ini sudah ulang-ulang disampaikan,” tutupnya.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT