Home / Advertorial / Kotaku

45 Unit Rumah Warga di Ternate Bakal Dibangun Melalui Program BSPS

12 April 2022
Program BSPS di Kota Ternate (ft_perkin)

TERNATE, OT - Tiga Kelurahan di Kota Ternate tahun ini mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Tiga Kelurahan di Ternate yang mendapat bantuan dari pemerintah pusat tersebut tersebar di Kecamatan Ternate Pulau, Kecamatan Hiri dan Kecamatan Moti.

Kepala Seksi (Kasie) Perumahan Disperkim Kota Ternate, Rusdiyanto, mengatakan, Pemkot Ternate mengusulkan 20 Kelurahan penerima BSPS ke pemerintah pusat, namun yang disetujui hanya tiga Kelurahan di Pulau Ternate, Hiri dan Moti.

“Yang kita usulkan itu sebanyak 20 Kelurahan, tapi yang dapaat tahun ini hanya tiga Kelurahan, diantaranya, Kelurahan  Togolobe 15 unit, Moti 15 unit dan Jambula 15 unit,” ungkap Rusdiyanto, Selasa (13/4/2022) di Ternate.

Bantuan BSPS, sambung dia, bersifat swakelola, yang anggarannya bersumber dari DAK reguler, "target pelaksanaanya akan dimulai pada Juni nanti untuk termin satu," tukas Rusdiyanto seraya menyebut total BSPS yang akan dibangun sebanyak 45 unit rumah tipe 30.

Saat ini, kata Risdiyanto, pihanya masih melakukan tahapan verifikasi data di lapangan, yang harus terkoneksi dengan data terpadu kesejahteraan sosial pada Dinsos Kota Ternate.

“Jadi penerimaan bantuan ini berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial, dari data itu, nantinya kita verifikasi kembali, karena dana tersebut bukan hanya dilihat kesejahteraan ekonomi saja, tapi kondisi fisik rumah juga akan dinilai,” terangnya.

Bantuan stimulan tersebut nantinya langsung ditransfer ke rekening penerima. Dengan besaran per satu unit rumah sebesar Rp 24 juta, "itu sudah termasuk upah tukang sebesar Rp 2,5 juta," pungkasnya.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT