Home / Indomalut / Halbar
11 Desember 2019

Tahun Depan, RSUD Jailolo Dilengkapi Fasilitas Cuci Darah

RSUD Jailolo

HALBAR, OT - Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat, tahun depan berencana melengkapi fasilitas kesehatan di RSUD Jailolo.
 
Salah satu yang menjadi prioritas adalah falitas cuci darah bagi penderita penyakit ginjal
 
Direktur RSUD Jailolo,  Syafrullah Radjloen mengatakan, untuk merealisasikan rencana tersebut, pihak RSUD membangun kerja sama dengan distributor alat kesehatan, serta menyiapkan SDM pendukung operational unit termasuk tenaga dokter dan perawat. 
 
"Alhamdulillah tahun ini kami telah memiliki satu orang dokter spesialis dan dua orang perawat telah selesai mengikuti pendidikan dan pelatihan cuci darah, dan di awal 2020 juga kita akan mengirim tenaga tambahan satu orang dokter lagi untuk dilatih sebagai tenaga operasional unit cuci darah,"ungkap Syafrullah 
 
Kata Dirut, beberapa bulan kedepan, pihaknya fokus menyiapkan komponen pendukung unit cuci darah; Water Treatment, untuk mendukung pengoperasian unit cuci darah untuk ginjal di RSUD Jailolo.
 
"Untuk mengoperasikan unit tersebut, RSUD Jailolo mempercayakan kepada  Divisi ginjal Bagian Penyakit Dalam, RSU Prof. Kandou Manado Sulawesi Utara," sebutnya.
 
"Alhamdulillah kami mendapat respon baik dari mereka. Dan, jika semua prosedur  selesai,  saya menargetkan unit ini akan difungsikan pada semester kedua, tahun depan," pungkasnya. 


Reporter: Hasarudin Harun