Home / Budaya

Ini 18 Kelurahan Yang Ikut ''Festival Ela Ela'' di Ternate

26 April 2022
Tradisi Ela Ela di Maluku Utara. (Google/Horizon Budaya)

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate akan melaksanakan "Festival Ela Ela' dalam rangka menyambut malam Lailatul Qadar pada bulan Ramadan tahun ini.

Featival Ela Ela yang mengusung tema "Cahaya Ela-ela Diantara Aroma Rempah Ternate Andalan” rencananya diikuti oleh 18 Kelurahan (bukan 17 Kelurahan sebagaimana diberitakan sebelumnya).

18 Kelurahan peserta "Festival Ela Ela" ini, tersebar pada 5 Kecamatan dalam wilayah Kota Ternate.

Data yang dihimpun indotimur.com menyebutkan, 18 Kelurahan yang ikut berpartisipasi pada "Festival Ela Ela" antara lain, Kelurahan Soa, Sangaji, Sangaji Utara 07. Oscar dan Sangaji Utara RW. 04 Siko Alkhairaat dari Kecamatan Ternate Utara.

Di Kecamatan Ternate Tengah akan diikuti oleh Kelurahan Maliaro, Kelurahan Makassar Barat dan Kelurahan Muhajirin.

Ternate Selatan diwakili oleh Kelurahan Bastiong Karance dan Kelurahan Fitu, sedangkan Kecamatan Pulau Ternate, diikuti oleh Kelurahan Dorpedu, Jambula, Kelurahan Foramaiahi dan Kelurahan Taduma.

Sementara Kelurahan Kulaba, Loto, Tobololo, Takome dan Kelurahan Togafo mewakili Kecamatan Ternate Barat.

BACA JUGA : 18 Kelurahan di Ternate Bakal Ramaikan ’’Festival Ela Ela’’

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Sarif H Sabatun menyatakan, ada 18 Kelurahan yang tersebar pada 5 Kecamatan di Ternate telah mendaftar sebagai peserta Festival Ela Ela tahun 2022 di Kota Ternate.

Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung pada hari Kamis tanggal 28 April 2022 mendatang, "pembukaan Festival Ela Ela akan dilakukan oleh Wali Kota Ternate yang dipusatkan di masjid Sultan Ternate, Ba'da Maghrib," kata Sarif, Selasa (26/4/2022) di kantornya.

Festival ini, kata dia, merupakan agenda rutin Pemkot Ternate setiap bulan suci Ramadan, "kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam menjaga nilai-nilai kearifan lokal serta menjaga tradisi masyarakat Maluku Utara khususnya di Ternate," terangnya.

Sarif menambahkan, pelaksanaan Festival Ela Ela hanya berlangsung semalam, "sehingga kita telah menyiapkan tim juri pada masing-masing Kelurahan yang menjadi peserta," ungkap Sarif seraya menyebut sejumlah aspek akan dijadikan indikator penilaian.

Kelurahan yang nantinya keluar sebagai juara I, II dan III akan diberi trophy, beserta bonus uang tunai, "sampai pada penutupan pendaftaran, tercatat ada 18 Kelurahan yang ikut berpartisipasi," tutup Sarif seraya menyebut panitia telah melaksanakan techikal meeting dengan para peserta pada Selasa (26/4/2022) di kantor Dinas Kebudayaan Kota Ternate.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT