Home / Budaya

17 Kelurahan di Ternate Bakal Ramaikan ’’Festival Ela Ela’’

26 April 2022
Para Pelajar Desa Jalan Baru Meriahkan Malam Lailatul Qadar di Jailolo tahun lalu (Foto_Djahrun)

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Kebudayaan, akan menggelar "Festival Ela Ela" dalam rangka menyambut malam Lailatul Qadar pada bulan Ramadan tahun ini.

Featival Ela Ela yang mengusung tema "Cahaya Ela-ela Diantara Aroma Rempah Ternate Andalan” rencananya diikuti oleh 17 Kelurahan di Kota Ternate.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Sarif H Sabatun membenarkan, ada 17 Kelurahan yang tersebar di 5 Kecamatan ikut berpartisipasi dalam semarak Ramadan Festival Ela Ela yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara serentak pada Kamis tanggal 28 April 2022 mendatang, "ela-ela merupakan sebuah tradisi di Maluku Utara, yang dilaksanakan saat malam ke-27 bulan Ramadan untuk menyambut malam lailatul qadar," kata Sarif, Senin (25/4/2022) di kantornya.

Festival ini, kata dia, merupakan agenda rutin Pemkot Ternate setiap bulan suci Ramadan, "kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam menjaga nilai-nilai kearifan lokal serta menjaga tradisi masyarakat Maluku Utara khususnya di Ternate," terangnya.

Meski dilaksanakan secara serentak, namun kegiatan ini nantinya akan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Ternate bertempat di masjid Sultan Ternate usai salat Maghrib.

Sarif menambahkan, pelaksanaan Festival Ela Ela hanya berlangsung semalam, "sehingga kita telah menyiapkan tim juri pada masing-masing Kelurahan yang menjadi peserta," ungkap Sarif seraya menyebut sejumlah aspek akan dijadikan indikator penilaian.

Kelurahan yang nantinya keluar sebagai juara I, II dan III akan diberi trophy, beserta bonus uang tunai, "sampai pada penutupan pendaftaran, tercatat ada 17 Kelurahan yang ikut berpartisipasi," pungkasnya.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT