Home / Ekonomi / Bisnis

Pasokan Berkurang Harga Lemon di Ternate Mulai Bergerak Naik

26 April 2021
Nurholis, mengaku harga lemon lima hari terakhir mulai merangkak naik, karena pasokan komoditas mulai berkurang (foto_ier)

TERNATE, OT - Memasuki pertengahan bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M, harga lemon di pasar Barito Gamalama Kota Ternate mengalami kenaikan hingga 15 persen.

Nurholis, salah satu pedagang mengatakan, dari semua jenis rempah yang harganya naik yakni Lemon.

Kata dia, saat ini harga lemon di pasaran mencapai  Rp 25 ribu, padahal sepekan lalu, harga lemon dijual dengan harga Rp, 15 ribu.

Menurutnya, semenjak lima hari terakhir ini, harga lemon mulai bergerak naik, sementara jenis rempah yang lain seperti cabai rawit dan keriting dijual dengan harga Rp 40 ribu per kg, bawang merah, bawang putih Rp 45 ribu per kg. Sememtara harga tomat cenderung murah, dengan harga Rp 8,000 ribu per kg.

BACA JUGA : Kondisi Cuaca Membaik, Harga Ikan di Ternate Kembali Normal

Dikatakan, kenaikan harga lemon, disinyalir akibat ketersediaan komoditi tersebut mulai berkurang, sehingga harga pasarannya naik, "kita sebagai pedagang hanya menyesuaikan harga," tukasnya.

Norholis mengaku, lemon yang dijual di pasar Ternate, sebagian besar, didatangkan dari Sulewesi Utara, (Manado-red) dan sebagian dari Hamahera Timut (Subaim-red).

Nurholis, mengaku pasokan komoditas tersebut terus berkurang, sehingga memicu kenaikan harga.

Dia menambahakan, untuk rempah yang lain stoknya masih bisa hingga menjelang lebaran dan kemungkinan harganya tetap normal.

"Mungkin saat ini harga lemon belum normal karena banyaknya permintaan. Kita pedagang hanya menyesuaikan dengan kondisi saja," kata Nurholis ketika diwawancarai, indotimur.com, Senin (26/4/2021).

 (ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT