Home / Ekonomi / Bisnis

Kondisi Cuaca Membaik, Harga Ikan di Ternate Kembali Normal

26 April 2021
Aktifitas pedangang ikan di pasar Higienis Kota Ternate (foto_ier)

TERNATE, OT - Cuaca yang mulai membaik belakangan ini membuat sejumlah nelayan kembali beraktifitas mencari ikan seperti biasa. Hal itu membuat harga ikan pada sejumlah pasar di Ternate kembali normal.

Amatan indotimur.com, di Pasar Higenis Ternate, hampir semua jenis ikan harganya kembali stabil, setelah sebelumnya sempat naik hingga 50 persen.

Ketua Asosiasi Pedangang Ikan Kota Ternate, Ayhar Do Basir mengatakan   beberapa pekan lalu harga ikan meroket, hal itu karena pengaruh perubahan cuaca sehingga pasokan ikan dari para nelayan berkurang.

Menurut dia, saat ini harga semua jenis ikan sudah mulai normal kembali seperti sebelumnya. Dia menyebut, harga komoditas Baby Tuna (Cakalang-red), harganya Rp 40.000 ribu per kilogram, ikan Dolosi dan ikan Tongkol Rp 20.000 per kilogramnya. 

"Alhamdulillah saat ini harga ikan mulai normal karena para nelayan mulai bergairah untuk kembali melaut sehingga hasil tangkapan melimpah," ucap Ayhar.

Meski demikian, dia mengaku, belum bisa memastikan harga ikan akan tetap normal. "Semua tergantung hasil tangkapan para nelayan dan melihat kondisi perubahan cuaca juga," tukas Ahyar seraya memastikan stok ikan dalam sepekan kedepan masih cukup banyak.

Dia menambahkan, ikan yang dijual di Ternate, rata-rata dipasok dari berbagai daerah di Maluku Utara.

Saat ini pasokan ikan yang ada di kota Ternate, sudah hampir dari beberapa wilayah provinsi Maluku Utara. Kalau sebelumnya hanya dari Halsel dan Haltim saja," tutup Ayhar saat wawancarai indotimur.com, Senin (26/4/2021).

 (ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT