Home / Ekonomi / Bisnis

Harga Rempah-Rempah di Ternate Normal

26 Juli 2021

TERNATE, OT - Harga komoditi rempah-rempah, bawang rica, tomat (barito) serta hasil pertanian lainnya pada sejumlah pasar di kota Ternate, saat ini terpantau normal

Data yang dihimpun indotimur.com menyebutkan, sepekan menjelang hari raya idul adha 1442 H kemarin, harga barito di kota Ternate cukup mahal.

Salah satu pedagang, Nurkholis mengatakan, harga komoditi hasil pertanian khususnya bawang rica tomat kembali normal, setelah sebelumnya sempat naik jelang hari raya.

Kata dia, jenis rempah yang sering mengalami kenaikan harga antara lain, cabai, lemon, bawang merah dan bawang putih. 

"Biasanya jika harga pasaran naik, cabai dijual dengan harga, Rp, 100 ribu, lemon Rp, 30 ribu, bawang merah Rp, 47 ribu dan bawang putih Rp, 45 ribu," jelasnya.

Namun setelah lebaran, kata Nurkholis, harga rempah-rempah kembali normal, "kalau sekarang, harga cabai Rp, 65 ribu, bawang putih Rp, 38 ribu, kalau minggu lalu masih Rp, 40 ribu," terangnya.

Sedangkan bawang merah saat ini dijual Rp, 42 ribu, pekan lalu, Rp, 45 ribu, begitu juga harga lemon saat ini Rp, 15 ribu, kalau minggu lalu Rp 18 ribu.

Nurlholis mengaku, sebagian besar rempah-rempah dipasok dari luar Maluku Utara, seperti Manado dan Makassar, "tetapi ada juga dari Ternate, Subaim, Bacan dan Jailolo," terangnya.

Dia berharap, harga komoditi pertanian di Kota Ternate tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan harga yang signifikan, "kami hanya berharap, harga-harga ini tetap normal, tidak naik, tentu ini harapan kami dan pembeli," tutupnya.

 (mg_Mahasiswa)


Reporter: Magang
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT