Home / Advertorial / Bappelitbangda

Ternate Geopark Youth Forum Bakal Gelar VOLCEST 2022

14 Desember 2022

TERNATE, OT - Sebagai rangkaian Hari Jadi Ternate (HAJAT) 772, Ternate Geopark Youth Forum yang berada di bawah pengelolaan Bappelitbangda Ternate yang didukung penuh oleh Kemenparekraf dan Bappenas mengadakan sebuah festival kepemudaan bertajuk Volcano and Spice Youth Fest (VOLCEST) 2022.

VOLCEST 2022 merupakan realisasi Batur Charter on Youth Climate Action in Geoparks yang dibentuk pada 1st UNESCO Global Geopark Youth Seminar and Summer Camp di Batur, Bali. Nantinya pada VOLCEST 2022, akan disepakati pula Ternate Charter yang memuat rencana aksi keterlibatan pemuda dalam geopark yang merupakan adaptasi dari Batur Charter.

​VOLCEST 2022 akan kedatangan tamu spesial yakni Immanuel Deo Silalahi yang kerap disapa Bang Deo sebagai Chairman UNESCO Global Geopark Youth Forum.

Nantinya, Bang Deo akan ‘basiloloa’ dengan Dr. M. Tauhid Soleman, sebagai Wali Kota Ternate dan Dr. Rizal Marsaoly, sebagai Kepala Bappelitbangda Ternate. 

Rencananya pada VOLCEST 2022 akan diresmikan mini museum geopark Ternate yang mengekspos keragaman geologi (geodiversity) yang dimiliki Ternate.

Tidak hanya dari segi geodiversity, VOLCEST 2022 juga akan menonjolkan Ternate dari segi biodiversity dengan pengenalan endemik burung Ternate dan cultural diversity dengan merangkul musisi dan talent lokal Ternate dengan orisinalitas karya khas daerah. 

VOLCEST 2022 akan berlangsung selama dua hari yakni pada 27 dan 28 Desember 2022, bertempat di salah satu geosite, tepatnya di  Batu Angus, Kelurahan Kulaba, Kecamatan Ternate Barat. 

VOLCEST 2022 dipanitiai oleh Pemuda Ternate yang tergabung dalam Ternate Geopark Youth Forum beserta teman-teman volunteer VOLCEST dengan terget pemuda Ternate sebagai sasaran utama.

Tidak hanya pemuda Ternate, VOLCEST 2022 juga akan melibatkan partisipasi teman-teman youth forum dari seluruh dunia dengan metode hybrid. VOLCEST 2022 adalah festival dari, oleh dan untuk pemuda.

Harapan digelarnya VOLCEST 2022 ialah di usia Ternate selanjutnya, pulau indah berjuluk Kota Rempah dengan Gunung Berapi aktif ini bisa lebih dikenal di mata dunia dengan berjuta keindahan dan potensi yang tersimpan di dalamnya.

Para anggota Ternate Geopark Youth Forum sendiri berharap, adanya VOLCEST 2022 bisa menjadi wadah belajar bagi pemuda Ternate dalam menggelar event kepemudaan dan belajar lebih mengenal daerah sendiri.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT